Selasa, 13 Nov 2018 17:57 WIB

Ketika Indomie Jadi Senjata Sukseskan Program Imunisasi di Nigeria

Firdaus Anwar - detikHealth
Popularitas Indomie di luar negeri ternyata bisa dimanfaatkan untuk kampanye imunisasi yang efektif. (Foto ilustrasi: Thinkstock) Popularitas Indomie di luar negeri ternyata bisa dimanfaatkan untuk kampanye imunisasi yang efektif. (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta - Nigeria adalah salah satu negara dengan cakupan imunisasi polio yang rendah. Salah satu penyebabnya disebut karena penyebaran isu miring vaksin bisa menyebabkan kemandulan.

Untuk menghadapi hal tersebut pemerintah Nigeria bersama The United Nations Children's Fund (UNICEF) melancarkan strategi imunisasi baru yaitu dengan memanfaatkan mi instan Indomie. Dilaporkan oleh portal berita resmi Voice of Nigeria (VON) targetnya sekitar 66.870 anak bisa divaksinasi.



"Pemerintah telah menyediakan Indomie untuk dibagikan ke anak-anak yang telah divaksin. Tujuannya untuk mendorong orang tua agar mau membawa anak imunisasi," kata Direktur Pelayanan Kesehatan Awaisu Ahmad Goronyo dikutip dari VON, Selasa (13/11/2018).

Dikutip dari Daily Nigerian, strategi memanfaatkan Indomie ini tampaknya membuahkan hasil dengan satu petugas mengaku banyak orang tua datang ke pos imunisasi di luar perhitungan.

"Banyak sekali yang datang, paket Indomie jadi penggerak para orang tua datang membawa anaknya untuk diimunisasi," kata Aliyu Abubakar dari daerah Sokoto.

"Kami bahkan melampaui target harian kami karena dari awal sudah banyak anak yang datang," pungkasnya.

Wah, kira-kira bisa enggak ya strategi yang sama diterapkan di Indonesia?

(fds/up)
News Feed