Kamis, 15 Nov 2018 08:06 WIB

Mau Olahraga Pagi, Sebaiknya Makan Apa? Ini Saran Pelatih Lari Andri Yanto

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi makan sebelum olahraga. Foto: thinkstock Ilustrasi makan sebelum olahraga. Foto: thinkstock
Jakarta - Makan sebelum olahraga atau setelah olahraga? Pemanasan atau peregangan sebelum berolahraga? Dua hal ini kerap membingungkan kita yang hendak mulai rutin berolahraga.

Sebelum olahraga memang sebaiknya tubuh diisi terlebih dahulu dengan makanan, namun oleh pelatih marathon Andri Yanto lebih disarankan untuk 'makan kecil', atau makan dalam porsi yang tidak terlalu banyak. Ketimbang 'makan besar' seperti makan nasi dengan lauk pauk lengkap.

"Katakanlah kalau kita olahraga pagi, makan kecil itu cukup roti dan pisang, atau salah satunya. Dengan teh atau kopi misalnya. Itu dilakukan satu jam sebelum kita berolahraga. Tapi kalau ingin makan besar, bisa dilakukan dua jam sebelum berolahraga," terang Andri kepada detikHealth, Rabu (14/11/2018).



Hal tersebut juga berlaku apabila ingin makan setelah berolahraga, namun dengan catatan jika sebelum berolahraga tidak sempat. Namun akan lebih baik jika dilakukan sebelum, agar energi kita cukup dan menghindari kelelahan berlebih.

Kemudian satu hal lagi yang paling diperlukan sebelum olahraga adalah pemanasan. Andri menegaskan jangan melakukan stretching atau peregangan sebelum olahraga, karena jika otot yang masih dingin diregangkan, apalagi terlalu berlebihan bisa menyebabkan otot tersebut robek.

"Dalam running science atau practice memang ada dua kubu ya. Ada kubu yang menyarankan untuk melakukan stretching sebelum lari, dan ada yang tidak menyarankan melakukan stretching. Saya berada di kubu yang tidak menganjurkan stretching sebelum olahraga," imbuh dia.

Pemanasan bisa dilakukan dengan jogging kecil, atau bisa dengan berjalan kaki kalau yang belum terbiasa jogging. Lalu warming up menggerakkan semua anggota tubuh. Lakukan 5-10 menit, atau 15 menit. Usai olahraga, baru lakukan pendinginan dengan peregangan saat semua otot tubuh sudah panas.



(frp/up)
News Feed