Kamis, 15 Nov 2018 09:15 WIB

Sedihnya, Michelle Obama Ternyata Pernah Keguguran

Rosmha Widiyani - detikHealth
Michelle Obama. Foto: Getty Images Michelle Obama. Foto: Getty Images
Jakarta - Di balik sosoknya yang terkenal aktif dan ideal, Michelle Obama ternyata menyimpan memori duka. Ibu dari Sasha dan Malia ini pernah mengalami keguguran 20 tahun lalu, saat berusaha hamil kali pertama.

"Awalnya, kami sangat senang dengan tes yang menyatakan positif hamil. Namun dua minggu kemudian terjadi keguguran, yang menyebabkan saya merasa tak nyaman dan meruntuhkan optimisme," kata Michelle dalam buku otobiografi berjudul Becoming dikutip dari Sydney Morning Herald.



Michelle merasa tersesat dan sendiri usai kehilangan calon anak sulungnya. Saat itu Michelle merasa tak punya tempat bergantung, karena suaminya Barrack Obama masih sibuk di senat dan pemilu legislatif. Michelle mengandalkan diri sendiri untuk segera bangkit dan memulihkan diri.

Keguguran sebetulnya berisiko terjadi pada tiap kehamilan. Sayangnya, informasi seputar keguguran jarang dibicarakan di masyarakat. Menurut Michelle minim info inilah yang menyebabkannya mengalami keguguran, karena tidak tahu faktor risiko dan penanganan yang tepat.

Akibatnya, Michelle harus melalui periode sulit tersebut sendirian. Michelle bersyukur bisa melalui periode usai keguguran, memulihkan kesehatan diri, dan kembali mencoba hamil. Peran suami sangat penting untuk mengembalikan kondisi fisik dan mental Michelle.

Komunikasi dengan suami jugalah yang mendorong Michelle ikut program bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF). Melalui program tersebut, Michelle dianugerahi Sasha dan Malia yang kini berusia 17 dan 20 tahun. Michelle yang kini berusia 54 tahun juga masih terus aktif mendampingi aktvitas harian suaminya.

(Rosmha Widiyani/up)
News Feed