Kamis, 15 Nov 2018 17:03 WIB

Perlu Antibiotik atau Tidak, Bagaimana Bedainnya? Ini Kata Dokter

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi antibiotik. Foto: Thinkstock Ilustrasi antibiotik. Foto: Thinkstock
Jakarta - Pemberian antibiotik pada dasarnya penting untuk membunuh atau menghentikan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi. Namun, pemberian antibiotik tidak boleh sembarangan.

Menurut spesialis mikrobiologi klinik dari Universitas Indonesia, dr Erni Nelwan SpPD, antibiotik hanya diberikan pada kecurigaan penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Banyak hal yang bisa membuat kita sakit seperti jamur atau virus yang sebenarnya tidak perlu antibiotik.

"Kita tinggal di daerah tropis, kita menyadari bahwa banyak penyakit yang akan bisa ditularkan. Taruhlah misalnya demam dan trombosit kita naik, itu bisa ada 15-20 penyakit yang bisa terjadi dan kemungkinan butuh antibiotik hanya 1 atau 2 penyakit saja," katanya saat dijumpai di RS Universitas Indonesia, Depok, Kamis (15/11/2018).


Mayoritas masyarakat terkadang mengira dengan antibiotik semua penyakit bisa sembuh, padahal dampaknya ketika mengonsumsi antibiotik dengan jumlah banyak dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

"Tubuh juga punya imunitas, jadi tidak semua penyakit butuh antibiotik. Kalau hanya sakit tenggorokan, flu biasa nggak perlu antibiotik. Kecuali dalam 3 hari sakitnya enggak sembuh, itu tentu harus periksa ke dokter dulu," tutupnya.

(Khadijah Nur Azizah/fds)
News Feed