Sabtu, 17 Nov 2018 10:28 WIB

Selain Cegah Osteoporosis, Ini Manfaat Susu Bagi Orang Dewasa

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Biasanya anjuran minum susu bagi orang dewasa ditujukan untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian demi mencegah terjadinya osteoporosis. Hal tersebut benar adanya. Namun di samping itu, susu juga memiliki banyak manfaat bagi kehidupan orang di usia produktif.

Susu tak hanya mengandung kalsium, ada juga omega 3, dan omega 6 yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan sendi.

"Walaupun telah berusia dewasa, tetap mengkonsumsi susu berperan dalam membantu untuk mencegah kita mengalami pengeroposan tulang. Hal ini karena susu kaya zat gizi yang kadang tidak terdapat dalam makanan sehingga dapat melengkapi kebutuhan gizi harian," ujar Medical Advisor Kalbe Nutritionals, dr. Ervina Hasti W kepada detikHealth, Rabu (14/11/2018).



Faktanya, ketika mencapai usia 35 tahun ke atas, sendi-sendi menjadi lebih kaku karena airan pelumas alami pada persendian pun berkurang sehingga tulang rawan (cartilage) yang menjadi bantalan pergerakan sendi menjadi lebih kering.

Akibatnya tulang rawan sendi tidak lagi elastis, menipis, dan bergesekan sehingga terjadi osteoarthritis, yaitu pengapuran atau radang sendi menjadi lebih besar.

"Kandungan kalsium dan vitamin D dalam susu yang baik untuk kesehatan tulang. Setiap orang dewasa memerlukan kurang lebih 1.000 mg kalsium per harinya. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah minum susu dan mengonsumsi produk olahan susu," jelas dr. Ervina.



Susu bagi orang dewasa juga berfungsi membantu mempertahankan kesehatan dan status gizi karena kandungan protein, vitamin, dan mineralnya.

Selain itu, susu untuk usia produktif juga dilengkapi dengan serat sehingga memperlancar pencernaan. Jadi susu untuk orang dewasa atau usia produktif seperti susu Entrasol, tidak hanya baik untuk tulang, tetapi juga bisa melindungi organ tubuh dari serangan radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Sebab, mengandung hytolive atau ekstrak zaitun dengan antioksidan alami. (mul/ega)
News Feed