Senin, 19 Nov 2018 07:30 WIB

Cerita Zayn Malik Soal Gangguan Makan

Rosmha Widiyani - detikHealth
Zayn Malik blak-blakan soal gangguan makan yang diidapnya. Foto: Istimewa Zayn Malik blak-blakan soal gangguan makan yang diidapnya. Foto: Istimewa
Jakarta - Zayn Malik mungkin hanya satu dari sederet selebriti yang pernah mengalami eating disorder. Penyanyi jebolan The X-Factor ini baru mengakui gangguan makan yang dialaminya, dalam buku otobiografi berjudul Zayn yang diluncurkan pada 2016.

"Saya sebetulnya tidak diet atau fokus mempertahankan berat badan. Saya sendiri tak sadar jika tak bisa makan selama beberapa hari adalah gangguan serius," kata Zayn dikutip dari BBC.

Gangguan tersebut dialami Zayn saat masih bergabung dengan One Direction. Jadwal yang padat menyebabkan Zayn masih terus melakukan rekaman hingga larut malam. Zayn baru bisa membicarakan soal gangguan makan saat memutuskan bersolo karier pada 2015.


Keputusan tersebut memungkinkan Zayn pulang kampung ke rumah keluarganya. Bertemu orangtua dan saudara memudahkan Zayn mengembalikan kondisi mental dan emosinya. Hasilnya, Zayn lebih mudah mengontrol hidupnya termasuk mengatasi gangguan makan. Zayn sendiri tak menjelaskan terapi medis atau kejiwaan yang mungkin dijalani saat mengatasi eating disorder.

Tak hanya selebriti, masyarakat biasa juga berisiko mengalami gangguan makan. Risiko ini biasanya terkait tuntutan lingkungan sekitar pada tubuh langsung cenderung kurus. Pengidap gangguan makan biasanya menjalani terapi kejiwaan untuk menyeimbangkan kondisi mental, serta perbaikan nutrisi untuk memperbaiki kesehatan tubuh.

(Rosmha Widiyani/up)