Senin, 19 Nov 2018 14:55 WIB

Pecahkan Rekor Dunia, Begini Pola Makan Sehat dari Kemenkes

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi pola makan sehat dari Kemenkes. Foto: shutterstock Ilustrasi pola makan sehat dari Kemenkes. Foto: shutterstock
Jakarta - Indonesia melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes), memecahkan rekor dunia dalam penerapan pola makan sehat Isi Piringku. Pemecahan rekor merupakan bagian dari perayaan puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 pada Minggu (18/11/2018).

"Kita harapkan seluruh masyarakat Indonesia tahu Isi Piringku untuk mewujudkan bangsa yang sehat, kuat, dan berdaya saing. Kita bisa mendapatkan kesehatan dimulai dari yang dimakan," kata Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek.


Isi Piringku mengandung kelengkapan nutrisi sesuai kebutuhan tubuh. Makanan pokok yang merupakan sumber karbohidrat mengisi 2/3 dari 1/2 piring. Karbohidrat adalah gula yang digunakan tubuh pertama kali sebagai sumber energi. Sumber karbohidrat antara lain nasi putih, merah, dan umbi-umbian.

Berbagai jenis lauk yang merupakan sumber protein mengisi 1/3 dari 1/2 piring makan. Selanjutnya, sayur-sayuran yang menjadi sumber vitamin dan mineral dikonsumsi sebanyak 2/3 dari 1/2 piring. Isi Piringku tentu tak meninggalkan buah yang merupakan sumber vitamin dan mineral sebanyak 1/3 dari 1/2 piring.

Sebanyak 3.284 orang ikut dalam acara makan bersama Isi Piringku. Pola makan sehat merupakan metode pencegahan penyakit yang mudah dan murah. Makan yang sehat dan teratur terbukti bisa mencegah penyakit diabetes, hipertensi, dan gangguan jantung dalam usia muda atau lansia.

(Rosmha Widiyani/up)
News Feed