Selasa, 20 Nov 2018 11:17 WIB

Cerita Heboh Angel Elga-Vicky, Suami-Istri Punya Risiko Selingkuh Sama

Rosmha Widiyani - detikHealth
Vicky Prasetyo, kini sedang menghadapi prahara rumah tangga dengan istrinya Angel Lelga. Foto: Vicky Prasetyo (Hanif/detikHOT) Vicky Prasetyo, kini sedang menghadapi prahara rumah tangga dengan istrinya Angel Lelga. Foto: Vicky Prasetyo (Hanif/detikHOT)
Jakarta - Angel Lelga digerebek Vicky Prasetyo di rumahnya bilangan Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Senin (19/11/2018) dini hari. Vicky mendapati Angel Lelga tengah bersama seorang laki-laki di kamarnya. Angel yang masih berstatus istri sah Vicky dianggap telah selingkuh.

Pengkhianatan atas pernikahan sejatinya bukan hal baru. Suami dan istri berisiko sama melakukan perselingkuhan. Dalam riset yang dilakukan Michele Jeanfreau dari University of Southern Mississippi pada 2016, pasangan yang berselingkuh umumnya tahu jika perbuatan tersebut salah.

"Kami meriset empat perempuan yang berkomitmen setia pada pernikahan. Mereka tahu jika berselingkuh salah, namun tetap melakukannya karena beberapa alasan. Hal inilah yang harus diketahui sehingga masalah pernikahan bisa selesai," kata Jeanfreau dilansir dari Psychology Today.


Riset mengungkap empat alasan yang menyebabkan perempuan berselingkuh. Alasan pertama adalah suami yang dianggap tidak pantas menerima kesetiaan istri. Jeanfreau mengatakan, seorang respondennya mengaku suaminya kerap melakukan kekerasan dan pendendam. Terlepas dari kebenaran ceritanya, istri merasa lebih aman bersama pria lain dibanding suaminya sendiri.

Alasan kedua adalah merasa punya pembenaran atas perilakunya. Jeanfreau mengatakan, alasan ini mirip dengan perokok yang meneruskan kebiasaannya meski tahu berbahaya. Perokok biasanya beralasan kondisi tubuhnya baik-baik saja sehingga tak perlu berhenti. Alasan selanjutnya adalah perselingkuhan dianggap tak mengganggu kehidupan rumah tangga. Wanita seperti ini punya dua kepribadian, yang diterapkan saat menjadi istri dan selingkuhan. Saat di rumah, wanita menjadi sosok istri yang melupakan perselingkuhannya.

Berbagai alasan ini jelas tidak membenarkan perselingkuhan. Namun alasan ini bisa menjadi awal penyelesaian masalah pernikahan.

(Rosmha Widiyani/up)
News Feed