Selasa, 20 Nov 2018 17:15 WIB

Ingin Mencoba Jadi Vegan? Ini Tips untuk Pemula

Ayunda Septiani - detikHealth
Vivian mengaku diet vegan tidak akan mengekang aktivitas bila dilakukan dengan benar. (Foto: Ayunda Septiani/detikHealth)
Jakarta - Vegan sebagai gaya hidup sudah tidak asing lagi. Menghindari produk hewani tidak hanya hemat karena harga sayuran relatif lebih murah, tetapi juga diklaim lebih sehat.

Praktisi vegan, Vivian Amelia, menjelaskan bahwa vegan merupakan diet yang hanya memakan makanan yang ditanam, seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Vegan tidak memakan makanan yang bersumber dari hewan, termasuk produk dari hewan, seperti susu, telur, keju, madu, dan lainnya.

Pola hidup vegan, menurut Vivian, dijalani dengan keyakinan bahwa cara hidup, cara makan, dan cara minum seluruhnya harus secara total diintegrasikan ke alam, sinar matahari, udara, air, dan ciptaan Tuhan lainnya.



Vivian menambahkan, gaya hidup ini adalah pilihan yang sangat individual, yang jika diikuti secara benar dan proporsional tidak akan mengekang aktivitas atau mengurangi stamina.

Soal manfaat, mungkin selama ini yang paling menarik adalah dapat membantu mendapatkan berat badan yang seimbang, serta kulit tubuh dan wajah yang lebih sehat. Tetapi selain itu ada manfaat lain baik untuk diri sendiri atau secara tidak langsung bagi kelangsungan kehidupan di dunia.

Nah bagi pemula, ada nggak sih tips-tips untuk menjadi vegan?

"Sebenarnya untuk tips awal bagi pemula gampang banget. Kamu hanya cukup mengonsumsi sesuatu yang non hewani, seperti tahu dan tempe. Itu kamu bisa gantikan tahu tempe dengan daging, mengonsumsi kacang-kacangan, karena di dalam tempe terdapat nutrisi yang sangat besar," jelas Vivian.

"Agar lebih maksimal, perbanyak buah dan sayuran. Lalu air putih jangan sampai lupa, karena yang masuk ketubuh kita harus seimbang, karena apabila kita kurang tidur dan kurang air putih kulit kita akan kering dan tidak fresh," lanjut perempuan berjuluk Miss Vegan 2018 tersebut, ditemui di kawasan Alam Sutera, Tangerang, Selasa (20/11/2018).

(up/up)