Selasa, 20 Nov 2018 20:49 WIB

Ingin Tidur Tapi Gerah? Mandi Bisa Jadi Solusinya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Mandi malam bisa bikin badan segar dan tidur jadi lebih nyenyak. (Foto: ilustrasi/thinkstock) Mandi malam bisa bikin badan segar dan tidur jadi lebih nyenyak. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Rasa gerah biasanya membuat seseorang jadi sulit untuk tidur. Walau biasa diatasi dengan menyalakan kipas angin ataupun pendingin udara (AC), namun ada satu solusi yang lebih baik dan lebih manjur.

dr Frans Abednego Barus, SpP dari OMNI Hospitals Pulomas menganjurkan untuk mandi sebelum tidur supaya mendinginkan suhu kulit. Mandi dapat membuka pori-pori dan melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

"Tentu kita akan merasa lebih nyaman kalau setelah mandi, apalagi sebelum tidur. Terus kan kalau orang abis mandi suka ngantuk tuh," tuturnya kepada detikHealth melalui sambungan telepon.



Ia menyebut mandi sangat penting terutama ketika pulang dari beraktivitas di malam hari. Supaya kulit terjaga kebersihannya, karena biasanya banyak debu, asap, jelaga, asap knalpot kendaraan menempel di baju, kulit dan wajah, dan berisiko menimbulkan jerawat bila tak rutin mandi atau dibersihkan.

Memang ada banyak mitos soal mandi di malam hari, namun para dokter menyebut tidak ada masalah dengan mandi pada malam hari. Yang penting tetap jaga kesehatan tubuh kita agar selalu bugar dan terhindar dari risiko penyakit.

"Tidak ada kaitannya mandi malam dengan rematik dan daripada tidak mandi sama sekali, ya mending mandi malam. Memang rematik itu banyak mitosnya ya. Ada lagi mitos yang kalau tangannya dibunyikan bisa bikin rematik. Itu juga enggak ada kaitannya," tandas Ketua Indonesian Rheumatology Associations (IRA), Prof Dr dr Handono Kalim, SpPD-KR, beberapa waktu lalu.

(frp/fds)
News Feed