Rabu, 21 Nov 2018 09:35 WIB

Masalah Kesehatan Ini Bisa Timbul Jika Tak Rajin Bersihkan Kipas Angin

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Bila tak sering dibersihkan, kipas angin bisa jadi sarang debu (Foto: iStock) Bila tak sering dibersihkan, kipas angin bisa jadi sarang debu (Foto: iStock)
Jakarta - Sempat santer berita yang menyebutkan memakai kipas angin saat tidur bisa menyebabkan kematian. Menurut dr Frans Abednego Barus, SpP dari OMNI Hospitals Pulomas, hal tersebut tidaklah benar namun penggunaan kipas angin yang jarang dibersihkan justru bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Fungsi kipas angin yang memutar udara dan mengalirkan oksigen ke dalam kamar atau ruangan juga menyebabkan debu yang masuk ikut terputar. Saat kita membuka pintu atau jendela ada kemungkinan debu juga ikut masuk, mengakibatkan udara jadi tidak bersih.



"(Debu) menempel di dinding kamar, masuk ke kamar dan oleh kipas angin akan diputar-putar terus. Suatu saat bisa mengenai kita yang berada di dalam kamar dan menyebabkan ISPA (infeksi saluran pernapasan akut), serangan asma, penyakit paru jangka panjang dan lain-lain," tuturnya saat dihubungi oleh detikHealth, Senin (19/11/2018).

Jika jarang dibersihkan, debu juga bisa menempel dan menumpuk di baling-baling kipas angin. Banyak yang enggan membersihkan kipas angin secara berkala lantaran sulit dalam proses membersihkannya, misal pada kipas angin yang berada di langit-langit biasanya dibutuhkan orang khusus atau harus membuka kipas anginnya terlebih dahulu.

dr Frans juga mengingatkan untuk tidak menggunakan baik kipas angin maupun pendingin udara (AC) dalam keadaan kamar tertutup total. Karena memakai kipas angin atau tidak, seseorang yang berada dalam ruangan tertutup tanpa akses suplai oksigen bisa berujung fatal maka dari itu sangat diperlukan sirkulasi udara yang baik dalam kamar.

(frp/up)
News Feed