Rabu, 21 Nov 2018 15:44 WIB

Ahli Gizi: Ini yang Harus Diperhatikan untuk Menyusun Menu Murah Bergizi

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi pola makan sehat dan murah. Foto: Getty Images Ilustrasi pola makan sehat dan murah. Foto: Getty Images
Jakarta - Bukan zamannya mengatakan makanan bergizi hanya bisa diperoleh dengan harga mahal. Pola makan dengan harga cukup murah bisa dirancang menyediakan kecukupan nutrisi tiap hari.

"Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun menu murah. Bila diterapkan, sebetulnya tidak perlu sampai Rp 50 ribu untuk memenuhi kebutuhan minimum standar," kata Guru Besar Tetap Ilmu Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) Profesor Hardinsyah pada detikHealth, Rabu (21/11/2018).


Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kelengkapan nutrisi dalam pilihan menu. Asupan harus mengandung cukup karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Kebutuhan bisa terpenuhi dengan mengonsumsi cukup sayur dan buah. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan konsumsi sayur dan buah sebesar 400 gram per hari.

Hardinsyah juga menyarankan konsumsi ikan untuk memenuhi kebutuhan protein. Seekor ikan lele dengan berat 150 gram mengandung sekitar 30 gram protein. Kandungan tersebut memenuhi sekitar 50 persen kebutuhan protein setiap hari. Protein menjaga metabolisme tubuh, produksi hormon, dan meningkatkan kerja sistem imun.

Hasil belanjaan juga sebaiknya dimasak sendiri supaya tidak terlalu banyak mengandung gula, garam, dan lemak. Layaknya menu bergizi yang murah, Hardinsyah yakin menu mahal belum tentu memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

(Rosmha Widiyani/fds)
News Feed