Rabu, 21 Nov 2018 16:19 WIB

Cara Ampuh dari Ahli untuk Atasi Hidung Mampet

Nabilla Putri - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Ketika musim hujan datang, tak jarang flu menyerang. Flu tentunya membuat seseorang sulit bernapas atau hidung mampet sehingga aktivitas sehari-hari terganggu.

Hidung mampet biasanya disebabkan rongga pada tulang di sekitar hidung (sinus) menghasilkan lendir yang dialirkan ke hidung. Sehingga menyebabkan penumpukan lendir doi rongga sinus. Jika tidak diatasi dengan tepat, hal ini bisa menyebabkan penyempitan sinus.

"Mucus merupakan lendir, yang diproduksi oleh saluran pernapasan kita sebagai upaya pertahanan terhadap benda asing atau kuman yang masuk," ujar Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr Helmin Agustina Silalahi, kepada detikHealth, Rabu (21/11/2018).



Agar tidak makin parah, ada cara yang bisa dilakukan yakni menghindari penyebab alergi seperti mengunakan penyaring udara di dalam rumah, minum teh peppermint untuk melebarkan sinus. Menurut dr Helmin, uap panas juga dapat membantu melonggarkan ikatan mucus sehingga muscus menjadi encer dan mudah dikeluarkan.



Selain itu, sup dan air hangat juga disarankan dikonsumsi karena dianggap ampuh meredakan flu. Sup juga kaya akan nutrisi dari daging ataupun sayuran yang ada di dalamnya sehingga membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat pemulihan.

"Penanganannya adalah dengan menekan produksi mucus dengan memberikan pengobatan sesuai gejala dan memudahkan pengeluaran mucus dengan meningkatkan asupan cairan dan pemberian obat simptomatik yang sesuai," tambah dr Helmin.

Selain itu untuk pengobatan, penderita flu juga bisa meminum Procold yang bisa mengatasi gejala flu seperti hidung mampet.







(mul/ega)
News Feed