Kamis, 22 Nov 2018 11:33 WIB

Menghilangkan Luka Memar dengan Telur Rebus Bisa Manjur, Tapi Ada Syaratnya

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi telur rebus. Foto: Thinkstock/Pinterest Ilustrasi telur rebus. Foto: Thinkstock/Pinterest
Jakarta - Sejumlah tutorial yang beredar di internet menunjukkan bahwa telur rebus bisa digunakan untuk menghilangkan luka memar dengan cara mengoleskannya ke luka tersebut. Beberapa ahli mengatakan bahwa belum ada penjelasan mengenai hal tersebut.

Namun menurut dokter spesialis kedokteran olahraga dari Klinik Slim and Health di RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta, dr Michael Triangto, SpKO, teknik menghilangkan luka memar dengan telur rebus bisa manjur, tetapi ada syaratnya.

"Mungkin statement itu benar untuk luka memar setelah minimal dua hari dikompres dingin, sebab saat baru terjadi maka perdarahan yang terjadi harus 'dibekukan' terlebih dulu," jelasnya kepada detikHealth melalui pesan singkat, Kamis (22/11/2018).

"Setelah 2x24 jam baru digunakan terapi panas untuk melanjutkan proses penyembuhan dengan meningkatkan aliran darah ke daerah yang memar tersebut," lanjutnya.



Jangan sekali-sekali mengompres luka memar yang baru terjadi dengan panas, karena dapat berakibat memperparah kerusakan jaringan dan pembuluh darah. Akibatknya bisa menambah perdarahan yang terjadi, seperti yang dikatakan oleh fisioterapis Syahmirza Indra Lesmana, SKM, SFt.MOr.

"Kita bayangkan kalau suatu yang berdarah dikasih panas darahnya akan semakin banyak keluar. Kalau keluar, dia akan menumpuk di bawah kulit, itulah yang berbahaya," Indra yang juga Dekan Fakultas Fisioterapi Universitas Esa Unggul.




Tonton juga 'Jahe, Bahan Efektif Atasi Memar Pada Anak':

[Gambas:Video 20detik]

(wdw/up)