Kamis, 22 Nov 2018 14:12 WIB

Belajar dari Gisel-Gading, Ini Kata Psikolog Soal Dampak Cerai bagi Anak

Kireina S. Cahyani - detikHealth
Apa dampak dari perceraian seperti Gading-Gisel pada anak? Foto: (@gadiiing/Instagram) Apa dampak dari perceraian seperti Gading-Gisel pada anak? Foto: (@gadiiing/Instagram)
Jakarta - Gugatan cerai yang diajukan Penyanyi Giselle Anastasia kepada Gading Marten sedang hangat diperbincangkan. Di media sosial, netizen sangat mengkhawatirkan dampak buruknya pada buah hati mereka, Gempita Noura Marten.

Netizen pun beramai-ramai membuat tagar #SaveGempi demi melindungi buah hati mereka yang manis ini. Sebenarnya apa sih dampaknya bagi anak?

Psikolog Wulan Ayu Ramadhani mengatakan bahwa dampak perceraian pada anak tentu ada. Hal ini terjadi karena adanya perubahan di dalam hidup si anak. Namun Wulan juga menuturkan tidak selalu dampaknya akan lebih buruk ketimbang bertahan dalam sebuah hubungan.

"Tidak semua kasus perceraian itu selalu memberikan dampak yang lebih buruk. Pada beberapa kasus esktrem di mana konflik antara orang tua sangat besar, misalnya ada kekerasan fisik, perceraian bisa memiliki dampak yang lebih baik pada anak ketimbang anak bertahan dalam hubungan orang tua yang dipenuhi kekerasan," ujar Wulan saat diwawancarai detikHealth, Kamis (22/11/2018).


Wulan juga menambahkan efek psikologis dari perceraian sendiri biasanya memang tidak langsung terlihat. Dampak ini juga biasanya akan terlihat baik-baik saja.

Menurut Wulan, orang tua juga perlu waspada terhadap perilaku si anak selama beberapa bulan ke depan. Misalnya, apakah terlihat adanya perubahan perilaku menjadi lebih pendiam, kesulitan tidur, mimpi buruk, dan lain sebagainya.

"Perubahan ini bisa bertahan lama dan menjadi trauma pada si anak, atau bisa saja muncul sebagai respon normal pada situasi yang tidak normal (perceraian) yang membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri pada situasi yang baru. Seperti hidup terpisah dengan ayah atau ibu," tutup Wulan.





Tonton juga 'Netizen Banyak yang Minta Koneng Jagain Gempi':

[Gambas:Video 20detik]

(Kireina S. Cahyani/up)
News Feed