Jumat, 23 Nov 2018 13:21 WIB

Sambut Black Friday, Ini Trik Psikologi untuk Menarik Pelanggan Berbelanja

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Halaman 1 dari 6
Ternyata ada trik khusus lho biar kamu belanja lebih banyak. (Foto: Maikel Jefriando) Ternyata ada trik khusus lho biar kamu belanja lebih banyak. (Foto: Maikel Jefriando)
Jakarta - Nggak cuma orang Indonesia yang suka belanja, warga Amerika Serikat pun berbondong-bondong sambut Black Friday yang akan dilangsungkan pekan ini. Berbagai toko retail baik online maupun offline mulai bersiap menyambut pelanggan dengan diskon yang ditawarkan.

Banyak pengecer yang menggunakan trik psikologi untuk memanipulasi ruang belanja agar membujuk pelanggan melakukan pembelian. Seringkali, sebagai pelanggan tidak sadar dan abai terhadap hal ini.

"Sungguh menarik melihat hal ini terkadang tidak disadari. Banyak dari ini adalah petunjuk periferal," kata Eric Spangenberg, profesor dan dekan di The Paul Merage School of Business, University of California, dikutip dari CNN.



Suasana toko dapat memainkan peran besar dalam membujuk orang untuk membeli lebih banyak dan masuk ke toko untuk memamerkan semangat belanja. Bukan hanya offline, toko online pun punya trik yang hampir sama.

"Jika kamu masuk ke dalam toko, kamu akan mendengar musik yang menyenangkan, wewangian, dan semua barang terlihat berwarna dan dekoratif. Untuk online, kamu memang tidak akan mencium wangi apapun tapi pasti akan melihat warna yang lebih cerah, gambar yang bagus dan rekomendasi barang bermunculan," tutur Khalfani-Cox, CEO dan founder dari Ask The Money Coach.

Saat pesta belanja dimulai, berikut beberapa permainan pikiran yang biasanya digunakan oleh perusahaan untuk menarik minat pelanggan agar membeli lebih banyak barang.

(up/up)