Senin, 26 Nov 2018 14:59 WIB

Apakah Benar Vetsin Bisa Memicu Kanker? Ini Jawaban Dokter

Yoga Radyan Nalendra - detikHealth
Apakah vetsin memicu kanker? Foto: iStock Apakah vetsin memicu kanker? Foto: iStock
Jakarta - Edukasi kepada masyarakat mengenai penyakit kanker sepertinya perlu ditingkatkan, mengingat banyaknya mitos yang berkembang di masyarakat. Salah satunya mitos mengenai vetsin atau monosodium glutamat (MSG) yang dipercaya mampu menyebabkan kanker, benarkah?

dr H Tadjoedin, Sp.PD (spesialis penyakit dalam) mengatakan bahwa MSG secara tidak langsung mungkin bisa menyebabkan terjadinya kanker jika dikonsumsi terus menerus. Dampaknya akan terjadi obesitas dan hal ini yang kemudian meningkatkan risiko kanker.



Menurut dr Tadjoedin jika kita sering mengonsumsi MSG hingga obesitas bukan hanya bahaya kanker yang menghampiri ke tubuh melainkan juga masalah pankreas sampai percepatan penuaan.

"Kandungan MSG itu membuat otak manusia menjadi berpersepsi bahwa makanan yang dimakan menjadi lebih enak, dan membuat orang jadi makan terus menerus dan nggak terkontrol. Dari hal tersebut berat badan mengalami kenaikan dan itulah yang dapat menyebabkan risiko terjadinya kanker," ujarnya saat ditemui detikhealth di Rumah Sakit Siloam, Kebon Jeruk, Jakarta, Senin (26/11/2018).

Oleh karena itu dr Tadjoedin menekankan kepada masyarakat pentingnya menjaga gaya hidup yang sehat. Mulai dari menjaga pola makan dengan kadar gizi seimbang, tidak merokok, tidak minum alkohol, menjaga berat badan tetap ideal, dan selalu berolahraga secara teratur agar tubuh sehat tidak mudah terkena kanker.



(fds/fds)