Selasa, 27 Nov 2018 11:31 WIB

Selain Ginjal, Organ Ini Juga Jadi 'Korban' Komplikasi Penyakit Jantung

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Halaman 1 dari 5
Penyakit jantung bisa berkomplikasi ke organ-organ lainnya. Foto: shutterstock Penyakit jantung bisa berkomplikasi ke organ-organ lainnya. Foto: shutterstock
Jakarta - Aktor tanah air Roger Danuarta sedang dirundung duka. Sang ibu menghembuskan napas terakhir di usia 63 tahun pada Jumat (23/11/2018). Menurut pria yang baru sama menjadi mualaf ini, almarhumah ibunda sering bolak-balik dirawat di rumah sakit akibat riwayat penyakit jantung yang berkomplikasi pada organ lain, salah satunya ginjal hingga gagal ginjal.

Ahli jantung dari RS Harapan Kita, dr Isman Firdaus, SpJP-FIHA menyebutkan bahwa penyakit jantung apapun menyebabkan gangguan pada jantung sehingga tak bisa berfungsi mengalirkan darah ke seluruh tubuh secara normal. Jika tak segera ditangani, maka bisa menimbulkan komplikasi pada organ lain yang membutuhkan pasokan aliran darah.

"(Selain tidak segera ditangani) juga masih makan asin, masih makan minyak-minyak, gorengan. Pasien dengan gagal jantung itu tidak boleh olahraga berat, jangan naik tangga, jangan nyetir, jangan ndorong, jangan angkat," tuturnya pada detikHealth via sambungan telepon, Senin (26/11/2018).

Ia menyebut ginjal memang jadi organ yang paling sering jadi komplikasi dari penyakit jantung. Namun tak hanya ginjal, organ-organ ini juga kerap jadi 'korban':

(frp/up)
News Feed