Selasa, 27 Nov 2018 13:25 WIB

Komedian Bopak Castello Fobia Gelap, Ini Kemungkinan Penyebabnya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Komeian Bopak Castello mengaku fobia kegelapan (Foto: Mauludi Rismoyo) Komeian Bopak Castello mengaku fobia kegelapan (Foto: Mauludi Rismoyo)
Jakarta - Komedian Bopak Castelo mengalami fobia kegelapan. Hal ini terlihat ketika Bopak ketakutan ditinggal sendirian di kamar yang gelap. Saat itu, ia kehilangan kontrol diri dan panik.

"Eh udah, udah. Ini takut beneran. Astagfirullah," katanya dalam video dari 20Detik, Selasa (27/11/2018).

Dalam video tersebut terlihat kru yang mengerjai Bopak untuk melihat reaksinya. Hasilnya, ia berteriak ketakutan dan meminta untuk lampu dinyalakan kembali.

"Kalau misal gelap tuh, (mata-red) kunang-kunang. Jadi keringat dingin. Kalau misal ada lampu yang masih nyala nggak apa-apa," tambahnya.



Fobia kegelapan atau nyctophobia adalah ketakutan yang berlebihan ketika berada di tempat gelap yang bisa menyebabkan depresi dan kecemasan.

Dikutip dari phobiaguru, fobia ini bisa muncul akibat trauma masa kecil, seperti ditakut-takuti ketika lampu akan dimatikan atau pernah terkunci di tempat yang gelap.

Orang dengan fobia ini mengalami ketakutan ekstrem yang menyebabkan kesusahan saat mereka berada dalam kegelapan. Gejala dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan dapat menyebabkan masalah kesehatan.

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)