Selasa, 27 Nov 2018 17:15 WIB

Meremajakan Miss V Tanpa Operasi, Bagaimana Caranya? Ini Saran Dokter

Yoga Radyan Nalendra - detikHealth
Jaringan Miss V bisa mengendur karena faktor penuaan dan sebab lain (Foto: thinkstock) Jaringan Miss V bisa mengendur karena faktor penuaan dan sebab lain (Foto: thinkstock)
Jakarta - Organ intim wanita mengendur karena berbagai faktor, mulai dari penuaan hingga melahirkan. Tapi tenang, kondisi itu bisa 'diremajakan' kembali bahkan tanpa perlu operasi.

Menurut dr Ni Komang Yeni Dhanasari, SpOG, peremajaan vagina secara alami bisa dilakukan antara lain dengan memperkuat otot vagina dan pelvic (panggul) serta menjaga pola hidup sehat.

"Untuk masalah otot pelvic, bisa melakukanya dengan latihan Kegel yang melatih otot pelvic yang biasa dikenal sebagai Pubococcygeus (PC) muscle. Otot ini mengitari miss V yang fungsinya sangat banyak baik dari segi kesehatan maupun menjaga otot pinggul dengan baik," katanya, ditemui dalam sebuah diskusi di Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (27/11/2018).



Memperbaiki pola makan, menurut dr Yeni juga bisa jadi cara alami untuk mengencangkan kembali otot-otot Miss V. Misalnya dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung phytoestrogen.

"Makanan phytoestrogen seperti kacang-kacangan, kedelai atau produk olahan kedelai, tahu, gandum, ubi jalar, kacang hijau, apel, dan wortel. Kemudian asupan nutrisi juga, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol itu juga dihindari," tambahnya.

Merokok, apa hubungannya? Betul, rokok dan alkohol menurut dr Yeni bisa membuat jaringan vagina mengalami penuaan lebih cepat. Akibatnya jadi lebih cepat kendur.




Tonton juga: Jenis-jenis Tindakan Peremajaan Miss V

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed