Rabu, 28 Nov 2018 11:48 WIB

Pekerja Kantoran, Ini Tips Agar Bisa Tetap Rutin Olahraga

Nabila Nufianty Putri - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Sibuknya pekerja kantoran membuat rutinitas olahraga menjadi terhalang. Pagi hari sudah harus berangkat kantor, tak jarang pulang malam karena lembur.

Padahal olahraga sangat penting untuk menjaga stamina tubuh demi menjalankan aktivitas harian. Maka satu-satunya cara untuk tetap rutin berolahraga adalah melakukannya saat malam hari. Namun dianjurkan untuk melakukan olahraga malam dengan tepat.

"Olahraga di malam hari boleh dilakukan, apalagi untuk karyawan-karyawan yang memang memiliki aktivitas padat pagi-sore hari. Yang perlu diingat adalah usahakan memberi jarak 2-3 jam setelah makan malam untuk berolahraga untuk mencegah perut terasa begah dan mengganggu aktivitas olahraga," ujar Medical Officer of PT. KalbeFarma, dr. Claudia Anggi Citra Putri, Rabu (21/11/2018).


Untuk itu, usahakan juga melakukan olahraga tidak terlalu mendekati jam tidur mala. Sehingga tubuh punya waktu yang cukup untuk recovery, menurunkan detak jantung, suhu tubuh dan siap untuk istirahat malam.

Selain itu, pilih jenis olahraga yang disukai. Kemudian mulailah olahraga dengan perlahan, tidak perlu terlalu memaksakan yang penting konsisten. Setelah itu, berusahalah untuk konsisten.


Olahraga dan nutrisi saling berikatan sehingga usahakan untuk mulai mengatur pola makan. Terutama pada beberapa karyawan dengan kondisi medis tertentu, pastikan untuk konsultasi dengan dokter sebelum memulai olahraga.

Agar tubuh tetap berstamina, konsumsi juga Fatigon Spirit yang membantu memelihara stamina tubuh karena mengandung L-Carnitime yang berguna untuk membakar lemak menjadi energi.

(ega/up)
News Feed