Rabu, 28 Nov 2018 15:53 WIB

Amankah Konsumsi Obat Flu yang Sebabkan Kantuk?

Nabila Nufianty Putri - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Pertanyaan seputar aman atau tidak mengonsumsi obat yang menyebabkan rasa kantuk terus bermunculan. Salah satu efek samping yang diberikan suatu obat, khususnya obat flu, memang memberikan rasa kantuk.

Rasa atau efek mengantuk ini justru bermanfaat untuk membantu penderita flu agar dapat beristirahat sehingga mempercepat penyembuhan dari flu. Obat flu pada umumnya mengandung antihistamin yang berfungsi meredakan gejala-gejala flu serta mempercepat proses penyembuhan.


"Aman saja, asalkan tidak digunakan saat mengoperasikan mesin. Misalnya mengemudi, operator mesin karena efeknya bisa membantu mengurangi gejala flu, seperti gatal di hidung dan tenggorokan serta bersin-bersin," ujar Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi, kepada detikHealth, Senin (26/11/2018).

Antihistamin tidak menyebabkan efek samping pada stimulasi sistem saraf pusat sehingga aman dikonsumsi. Jadi jika flu, justru jangan menghindari konsumsi obat hanya karena takut mengantuk karena seseorang bisa mengatur jam minum obat tersebut.


"Baik konsumsi obat flu yang dapat menyebabkan kantuk atau tidak jika gejala-gejala seperti gatal di bagian hidung dan tenggorokan serta bersin-bersin cukup mengganggu, sebaiknya konsumsi obat yang mengandung antihistamin, tapi seringkali menyebabkan ngantuk. Sedangkan jika gejala tersebut tidak menyerang, konsumsi obat yang tanpa antihistamin saja juga tidak apa-apa," jelas dr. Helmin.

Jika gejala flu telah menyerang, konsumsi Mixagrip Flu untuk meringankan gejala-gejala flu seperti demam, bersin-bersin, hidung tersumbat, dan sakit kepala.

(ega/up)
News Feed