Rabu, 28 Nov 2018 16:45 WIB

Kerap Terabaikan, Penyakit Tiroid Bisa Menyebabkan Wanita Sulit Hamil

Yoga Radyan Nalendra - detikHealth
Susah hamil? Tidak ada salahnya cek tiroid (Foto: thinkstock) Susah hamil? Tidak ada salahnya cek tiroid (Foto: thinkstock)
Jakarta - Dari beragam masalah kesuburan, gangguan tiroid bisa menjadi salah satu penyebab yang kerap terlewatkan dari diagnosa medis. Bahkan, menurut survei Thyroid Disorder Awareness International yang dilakukan pada Januari 2017, sebanyak 32 persen responden tidak pernah mengaitkan kesulitan untuk mendapat buah hati dengan gangguan tiroid.

Menurut konsultan fertilitas Rumah Sakit Siloam dr Ferdhy Suryadi Suwandinata, SpOG (K-FER), gangguan tiroid bisa menyebabkan metabolisme dalam tubuh tidak stabil, sehingga bisa menyebabkan wanita sulit hamil.

"Karena tiroid bisa menyebabkan hipertiroid (kelebihan) dan hipotiroid (kekurangan) terhadap metabolisme tubuh menjadi tak menentu sehingga faktor tersebut bisa menyebabkan wanita sulit hamil," ujarnya saat ditemui di Rumah Sakit Siloam, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (28/11/2018).

dr Ferdhy mengatakan masalah pada kelenjar tiroid ini sejak dahulu memang selalu dikaitkan dengan siklus haid yang tidak teratur dan masalah ovulasi. Pada anak-anak dan remaja perempuan, hipotiroidisme dikaitkan dengan kondisi terlambat puber.



"Ketidaknormalan pada fungsi tiroid berdampak pada kesehatan reproduksi yang menyebabkan kesulitan pembuahan, meningkatkan risiko keguguran, dan menurunkan kualitas kehamilan," katanya.

Gangguan tiroid, menurut pemaparan dr Ferdhy, dalam skala tertentu juga dapat menyebabkan masalah pada jantung dan membahayakan nyawa.

"Ada krisis tiroid. Jika kadar hormon tiroid sangat tinggi, itu bisa sampai terjadi gagal jantung. Bisa dikatakan itu sebagai kondisi emergency," tandasnya.

Kelenjar tiroid adalah organ kecil berbentuk kupu-kupu yang terletak pada leher bagian bawah. Fungsinya adalah untuk memproduksi hormon yang mendukung berbagai fungsi vital tubuh, terutama jantung, otak, otot dan kulit.

(up/up)
News Feed