Kamis, 29 Nov 2018 07:25 WIB

Rumah Sakit Mesti 'Friendly', Menkes: Apa Sih Susahnya Bilang Selamat Pagi?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Menkes Nila F Moeloek (Foto: Frieda Isyana Putri/detikHealth) Menkes Nila F Moeloek (Foto: Frieda Isyana Putri/detikHealth)
Jakarta - Sering mendengar adanya keluhan dari para pasien rumah sakit soal pelayanan di beberapa rumah sakit yang tidak sesuai harapan, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menekankan perubahan perilaku agar rumah sakit menjadi lebih ramah, nyaman dan tidak menakutkan.

"(Bisa) mulai dari hormat, ucapkan selamat pagi. Apa sih susahnya bilang selamat pagi, selamat siang?" papar Nila saat ditemui usai acara Konferensi Nasional Promosi Kesehatan Rumah Sakit Ke-4 di Mercure Convention Center Ancol, Jakarta Utara, Rabu (28/11/2018).



Ia melanjutkan, pentingnya keramahan dan edukasi dari pihak rumah sakit tak hanya dokter namun juga perawat dan bagian administratif. Selain sapaan, bisa dengan mempersilakan duduk jika melihat ada orang tua, memberitahukan tata cara pendaftaran atau apapun yang sedang dibutuhkan pasien.

Keributan yang kerap kita dengar umumnya terjadi akibat baik pasien atau keluarganya maupun pihak rumah sakit tidak dapat berkomunikasi dengan baik. Saat pasien datang ke rumah sakit, umumnya mereka datang dalam keadaan panik, sehingga yanh seharusnya dilakukan pihak rumah sakit adalah menenangkan.

"Kita seharusnya lebih bijak dan friendly. Kitanya juga sebagai tenaga kesehatan juga harus berpakaian rapi. Memperlihatkan kita tidak menakutkan, anak kecil kadang dikasih baju dokter takut. Semuanya itu bisa kita lakukan. Harapannya kita jadi orang yang santun," pungkasnya.


Rumah Sakit Mesti 'Friendly', Menkes: Apa Sih Susahnya Bilang Selamat Pagi?
(frp/up)
News Feed