Kamis, 29 Nov 2018 08:33 WIB

Designer Difabel Rahmat Hidayat Nitip Pesan: Enggak Boleh Menyerah!

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Rahmat Hidayat, designer difabel yang tidak kenal putus asa membagikan karya fenomenalnya. Foto: Aisyah/detikHealth Rahmat Hidayat, designer difabel yang tidak kenal putus asa membagikan karya fenomenalnya. Foto: Aisyah/detikHealth
Jakarta - Saat itu detikHealth mendatangi Rahmat yang sedang duduk santai berbincang dengan designer terkenal tanah air, Anne Avantie. Pria tersebut duduk di atas kursi rodanya, di belakangnya terdapat portofolio karya yang ia hasilkan selama ini.

Sempat ditunjukkan karya-karyanya, kami benar-benar dibuat kagum olehnya. Dari mana ini belajar membuat desain sebagus ini?

"Saya suka gambar dari kecil, cuma pas belajar mendesain waktu saya nonton serial drama korea 'Fashion King' jadi terinspirasi," katanya saat ditemui detikHealth di markas CNN Indonesia, Kamis (29/11/2018).


Rahmat memulai kisahnya yang belajar mendesain sejak usia 7 tahun. Kondisi tubuhnya memang sudah bawaan sejak lahir namun tidak menghalanginya untuk terus berkarya dan berkembang lebih baik. Bahkan karyanya banyak mendapatkan pesanan secara online, lho!

"Karya saya baru dibikin sama Eko Tjandra buat Soimah dan Bunda Inul. Baru itu saja, paling kalau misalnya lewat internet yang pesan-pesan saja," tuturnya.

Meski begitu, Rahmat juga pernah diliputi rasa minder. Namun itu tidak berlangsung lama, karena pria yang mengidolakan Ivan Gunawan ini ingin menatap masa depan.

Di akhir perbincangan, Rahmat menitipkan saran kepada teman-teman yang memiliki kondisi sama dengannya untuk tidak pernah berhenti berusaha. Ia mengajak teman-teman semua untuk berkarya dan percaya akan kemampuan diri masing-masing.

"Saran buat para disabilitas enggak boleh menyerah, selalu semangat dan percaya Tuhan, karena Tuhan tidak pernah tidur. Harus yakin, benar-benar yakin. Harus yakin bahwa kita bakalan bisa menjadi orang hebat, terus berkarya dan berkarya," tandasnya.


Designer Difabel Rahmad Hidayat Nitip Pesan: Enggak Boleh Menyerah!
(ask/up)