Kamis, 29 Nov 2018 09:03 WIB

Naik Ojek Temui Rahmat Designer Difabel, Anne Avantie: Kamu Orang Pilihan

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Anne Avantie kunjungi Rahmat designer difabel naik ojek. Foto: Aisyah/detikHealth Anne Avantie kunjungi Rahmat designer difabel naik ojek. Foto: Aisyah/detikHealth
Jakarta - Anne Avantie, perancang busana yang terkenal lewat koleksi kebaya buatannya, baru-baru ini bikin geger media sosial usai membagikan video perjuangannya naik ojek untuk mengunjungi Rahmat. Rahmat Hidayat (25) merupakan seorang disabilitas yang belakangan viral dengan gambar-gambar yang memikat.

"Saya ketempat dia tidak sengaja, saya ceritakan, Bunda tidak sengaja. Malamnya lihat postingan Hengky di Instagram saya lihat wah kok Bandung. 'Oh kamu di Bandung?' kita pagi-pagi berangkat. Jadi tidak ada rencana. Itu berarti kamu (Rahmat) orang pilihan, setelah kamu dipilih kamu harus lakukan sesuatu karena kamu istimewa," katanya kepada Rahmad saat berbincang dengan detikHealth di markas CNN Indonesia, Kamis (29/11/2018).

Menanggapi keviralan Rahmat, wanita yang akrab dengan sapaan Bunda Anne ini menuturkan bahwa memang tidak ada satu pun kejadian di muka bumi ini adalah bukan kebetulan. Akan tetapi, Rahmat termasuk orang yang beruntung karena berani menggunakan media sosial untuk hal-hal yang positif, yakni membagikan hasil karya dan inspirasi.

Ketika ia memutuskan untuk menjumpai Rahmat, wanita yang akrab dengan sapaan Bunda Anne ini mengaku tidak peduli dengan omongan orang, ia hanya ingin kisah Rahmad bisa menjadi pembelajaran banyak orang.


"Kalau hari ini saya ada (menemani Rahmad), itu sengaja saya tampil. Saya tidak peduli kata orang, karena popularitas itu yang saya cari untuk bisa menginspirasi banyak orang, bahwa kita bisa mengambil peran sekecil apapun itu tanpa berbadan apapun itu di sekitar kita dan ambil saja perannya," tuturnya.

Meski begitu, Anne juga selalu mewanti-wanti Rahmad untuk tetap fokus mengembangkan keahlian. Jangan sampai ketenarannya membutakan ia untuk terus maju.

"Saya katakan dengan Rahmad melalui telepon, saya bilang 'Rahmad, ini hanya sekejap, ketika nanti ada berita yang lebih besar dari kamu semua akan hilang dan kamu akan sendiri lagi'... Kamu tinggal sendiri dan yang kamu nikmati hanya tinggal kenangan," tandasnya.

Karena itu, Anne besok akan mengajak Rahmad langsung ke Semarang untuk mengunjungi yayasan yang ia dirikan, yakni Bina Bunda Sahabat Disabilitas Talenta Anak Berkebutuhan Khusus. Di sana, Rahmad akan dikenalkan dengan industri yang sesungguhnya dan dibekali dengan beberapa pelatihan ketrampilan.

Wah, salut banget ya sama Bunda Anne!


Naik Ojek Temui Rahmad Designer Difabel, Anne Avantie: Kamu Orang Pilihan
(ask/up)