Minggu, 02 Des 2018 13:46 WIB

Kolesterol Tinggi, Makan Apa Biar Cepat Turun?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Kolesterol tinggi erat kaitannya dengan risiko stroke dan penyakit jantung (Foto: thinkstock) Kolesterol tinggi erat kaitannya dengan risiko stroke dan penyakit jantung (Foto: thinkstock)
Jakarta - Kolesterol tinggi mungkin saja menyebabkan kepala jadi terasa pening. Kalau sudah tinggi begitu harus waspada ya, sebab risiko terkena stroke atau penyakit jantung bisa semakin bertambah!

Nah, menurut dokter spesialis jantung, dr Vito A Damay, SpJP(K), MKes, FIHA, FICA yang juga penulis buku 'Sebelum Anda Pergi ke Dokter Jantung', ada kandungan yang bisa mengurangi penyerapan kolesterol jahat yang disebut dengan fitosterol. Apakah itu?

"Fitosterol berfungsi untuk mengurangi penyerapan kolesterol jahat, jadi maksudnya saat kita makan dia sebagian diserap duluan. Karena dia kompetisi bentuknya mirip dengan kolesterol, jadi ini dia diserap duluan," ungkap dokter yang akrab disapa dr Vito.

Namanya juga 'fito' (tumbuhan), fitosterol adalah steroida (sterol) yang terdapat di dalam tanaman. Bentuknya mirip dengan kolesterol, makanya otak bisa terkecoh untuk menyerapnya terlebih dahulu dibandingkan si kolesterol jahat.



Jadi, untuk mendapatkannya ya harus banyak makan sayuran. Memang agak sulit menentukan sebanyak apa makan sayur, tapi dr Vito memberikan panduan mudah makan yang bisa bebas kolesterol.

"Seharusnya kita kalau makan setengah piring kita sudah berisi sayur... Karbohidrat itu tidak boleh lebih dari sekepalan tangan, tangan kita sendiri lho ya jangan tangan kita sendiri," ungkapnya.

Ingat ya, karbohidrat yang dimaksud adalah jumlah total keseluruhan karbohidrat yang ada di piring makan kita. Misalnya kita makan nasi dan ada juga kentang balado yang mana juga salah satu sumber karbohidrat, maka jatah nasi otomatis juga harus dikurangi agar pas segenggaman tangan. Oh iya, jangan lupa juga untuk menambahkan sumber protein dan vitamin dalam piring makan kita ya.

Catatan tambahan, lakukan olahraga juga ya. Pola makan sudah baik, biar makin sempurna harus diimbangi dengan gaya hidup aktif dong. Semoga kolesterol tinggimu cepat turun ya!



Tonton juga video 'Bahaya Kolesterol yang Terlalu Tinggi':

[Gambas:Video 20detik]

Kolesterol Tinggi, Makan Apa Biar Cepat Turun?
(ask/up)
News Feed