Senin, 03 Des 2018 10:18 WIB

Sama-Sama Nyaman, Dekapan dan Pelukan Efek Terapinya Beda Lho

Rosmha Widiyani - detikHealth
Dekapan dan pelukan ternyata menimbulkan efek psikologis yang berbeda. (Foto: Ocha/detikHealth)
Jakarta - Bagi masyarakat awam, dekapan dan pelukan punya arti yang sama. Namun, dekapan dan pelukan ternyata menimbulkan efek psikologis yang berbeda.

"Dekapan merengkuh seluruh tubuh lawan bicara, sedangkan pelukan hanya sekadarnya. Dekapan sekian detik menimbulkan tingkat kenyamanan, kebahagiaan, dan ketenangan paling tinggi," kata health advisor Octorina Basushanti pada seminar Octo Touch di Depok, Minggu (2/12/2018).

Untuk mendekap, ayah dan ibu kerap harus duduk atau jongkok untuk menyamakan diri dengan tinggi tubuh anak. Sedangkan pelukan bisa dilakukan sambil berdiri, dengan satu tangan, dan hanya menyentuh sebagian punggung atau pundak.



Pentingnya dekapan terkait dengan penerapan terapi How to Handle Them (HTHT). Terapi yang menitikberatkan pada sentuhan ini, memungkinkan orangtua mengasuh anaknya yang mengalami disabilitas dengan lebih baik.

Sentuhan yang menimbulkan kenyamanan membantu orangtua tak lagi mengandalkan verbal dalam mengasuh anaknya. Kenyamanan membantu anak mendengarkan instruksi, menyerap ilmu, dan tidak menolak interaksi dari orangtua dan lingkungannya. Hal ini menekan risiko berkata buruk, terpancing emosi, atau bertindak kasar yang kemudian disesali orangtua.



(up/up)