Senin, 03 Des 2018 11:25 WIB

Komedian Billy Connolly Coba Ganja untuk Kurangi Parkinson

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Terapi ganja dianggap bisa menjadi pengobatan alternatif untuk parkinson. (Foto: thinkstock) Terapi ganja dianggap bisa menjadi pengobatan alternatif untuk parkinson. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Komedian Billy Connolly mengaku mencoba marijuana atau ekstrak ganja untuk mengatasi penyakit parkinson yang diidapnya. Namun sayangnya, hal itu hanya membuatnya mabuk dan teler yang ternyata tidak terlalu dia sukai.

"Saya baru saja mendapat bom bahagia. Hanya teler, itu cukup menyenangkan namun saya tidak ingin melakukannya setiap hari. Saya tidak pernah berhubungan baik dengan ganja," ujarnya dikutip dari Mirror.

Pria berusia 76 tahun ini pertama kali didiagnosis mengidap parkinson pada 2013 silam. Saat ini dia hanya bergantung pada obat konvensional untuk mengurangi dampak dari parkinson.



"Ini (ganja-red) membuat hidup saya terasa tidak biasa. Aneh karena tidak ada rasa sakit," tambahnya.

Billy menuturkan istrinya yang juga seorang komedian, Pamela Stepehnson, adalah perawat pribadinya. Pamela rela untuk tetap berada disisinya meski terserang parkinson.

"Dia sangat baik padaku. Saya yang membuat makan malam meski dia harus membantu saya memotong bawang putih," kelakarnya.

Dikutip dari Healthline, penyakit parkinson adalah kondisi yang mempengaruhi sistem saraf. Seiring berjalannya waktu, parkinson akan menyebabkan gejala yang lebih berat seperti tremor, kesulitan bergerak dan berbicara, hingga perubahan postur.



Para peneliti terus mencari terapi yang dapat membantu orang yang mengidap parkinson untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Peneliti mengatakan ganja adalah salah satu pengobatan alternatif yang paling menjanjikan.

Komedian Billy Connolly Coba Ganja untuk Kurangi Parkinson
(wdw/wdw)