Selasa, 04 Des 2018 11:50 WIB

Bukan Hanya Ibu, Ayah Juga Bisa Stres Saat Anak Baru Lahir

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Tekanan dan tanggung jawab besar menjadikan sosok ayah juga alami masalah kesehatan mental. (Foto: Istock) Tekanan dan tanggung jawab besar menjadikan sosok ayah juga alami masalah kesehatan mental. (Foto: Istock)
Jakarta - Masyarakat beranggapan bahwa pasca melahirkan hanya wanita yang akan mengalami masalah pada kesehatan jiwa mereka. Faktanya, sekitar 1 dari 10 pria mengalami gangguan kesehatan mental di enam bulan pertama semenjak anaknya baru lahir.

Dikutip dari Psychology Today, gangguan kecemasan pada ayah terjadi ketika mereka terbebani dengan pikiran tentang pekerjaan, mengganti popok, membersihkan rumah, dan sebagainya. Ketika memuncak, mereka tidak segan untuk melempar sesuatu bahkan menyalahkan anak mereka.

Menurut ahli, ini disebut dengan paternal postnatal depression (PPND). PPND adalah kondisi yang sering menyerang pria setelah anak lahir. Depresi, kecemasan atau masalah lain dengan suasana hati dapat terjadi kapan saja selama tahun pertama anak lahir.



"Memiliki bayi adalah proses yang menegangkan bagi semua orang. Selain kurang tidur, pria akan mengalami masalah hormonal ketika bayi lahir dan masalah ini dapat menyebabkan komplikasi psiko-emosional lainnya," kata Christina Hibbert, psikolog klinis dari Arizona.

Adanya tekanan bisa menjadi alasan spesifik para pria mengalami masalah pasca melahirkan. Tekanan untuk menyediakan kebutuhan secara finansial membuat pria terdorong untuk bekerja lebih keras yang menimbulkan kekhawatiran dan kecemasan.

"Dengan dukungan dan support, pria akan lebih bisa menghadapi dan bersiap menjadi seorang ayah. Jangan ragu untuk mengunjungi ahli jika keadaan yang dialami semakin serius," pungkasnya.

(wdw/wdw)
News Feed