Selasa, 04 Des 2018 14:21 WIB

Cerita Mereka yang Pernah Bohong ke Dokter Tentang Kondisi Kesehatannya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Nggak jarang pasien berbohong biar nggak diomelin dokter. (Foto: iStock) Nggak jarang pasien berbohong biar nggak diomelin dokter. (Foto: iStock)
Jakarta - Tujuan pasien konsultasi ke dokter saat sakit adalah untuk mendapat kepastian mengenai penyakit mereka. Tapi nggak jarang juga pasien berbohong untuk menutupi kondisi kesehatan biar nggak kena omelan dokter.

Wiwid, karyawan swasta, bercerita mengenai pengalamannya berbohong pada dokter. Katanya biar nggak kena marah karena melanggar aturan.

"Lambungnya sakit, asam lambung meningkat, pas ditanya dokter minum kopi nggak? Gue jawab nggak, padahal minum hehehe. Takut diomelin. Soalnya nggak boleh minum kopi walau hanya sekali," katanya kepada detikHealth.

Tidak jauh berbeda, Ayunda mengatakan ketika mengunjungi dokter gigi, ia berbohong mengenai kebiasaannya merawat gigi.

"Bilangnya sering sikat gigi pas malam, padahal enggak. Biar nggak dimarahin saja ke dokter pas sakit gigi doang," ungkapnya.



Lain halnya dengan Aisyah, ia mengatakan tidak pernah berbohong kepada dokter karena memang bertujuan untuk cari tahu mengenai penyakitnya.

"Nggak, soalnya ya tujuan ke dokter kan memang untuk cari tahu 'ini gue sakit apa sih'. Kalau jujur, akan membantu dokter juga untuk diagnosis dan kasih treatment yang tepat. Mau seaneh apapun keluhan gue, pasti gue sampaikan," pungkasnya.

Kalau kamu tim yang mana nih? Tulis di kolom komentar ya!

(wdw/wdw)
News Feed