Rabu, 05 Des 2018 08:45 WIB

Transformasi Arnold Schwarzenegger, 'Terminator' yang Kini Susah Olahraga

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Meski usia tak lagi muda, nggak menghalagi Schwarzenegger tetap olahraga. Foto: Getty Images Meski usia tak lagi muda, nggak menghalagi Schwarzenegger tetap olahraga. Foto: Getty Images
Jakarta - Memulai karir sebagai binaragawan sejak usia 20 tahun membawanya ke puncak karier kejayaan. Ketika itu, Arnold Schwarzenegger berhasil menyabet beberapa penghargaan sebagai binaragawan terbaik. Ketertarikannya dengan dunia akting membuatnya pensiun dari karier binaragawan yang membesarkan namanya.

'I'll be back,' adalah ungkapan terkenal dari aktor Arnold Schwarzenegger saat berperan dalam film Terminator. Badannya yang atletis dan kekar membuatnya tersorot lebih cepat dan beberapa karakter film yang diperankannya memang bertujuan untuk memperlihatkan bentuk tubuhnya.

Transformasi Arnold Schwarzenegger, 'Terminator' yang Kini Susah OlahragaSchwarzenegger saat menjadi binaragawan. Foto: Getty Images


Sukses menapaki karier sebagai pemain film aksi, Schwarzenegger mencoba peruntungan di dunia politik. Dikutip dari schwarzenegger.com, pada tahun 2003, ia menyalonkan diri sebagai gubernur California dan berhasil memenangkan kursi dalam pemilihan khusus.




Keinginannya untuk memberikan sesuatu kepada negaranya dengan menjadi pelayan publik menjadikan Schwarzenegger menjadi salah satu politikus dengan track record yang baik. Ketika menjadi gubernur, Schwarzenegger membawa kepercayaan dirinya yang unik ke pekerjaan barunya.

"Jika mereka tidak punya nyali, saya akan menyebut mereka girlie-men. Mereka harus kembali ke meja dan memperbaiki anggaran," ujarnya dikutip dari biography.

Transformasi Arnold Schwarzenegger, 'Terminator' yang Kini Susah OlahragaKetika banting setir jadi politikus. Tetap terlihat macho ya. Foto: Dok. REUTERS/Benoit Tessier


Semenjak itu, kemunculannya di dunia perfilman pun berkurang. Aktif di dunia politik membuatnya lebih fokus untuk membangun negeri dibanding menjaga bentuk tubuhnya. Suatu waktu, Schwarzenegger pernah tertangkap kamera yang memperlihatkan tubuhnya yang bergelambir dan penuh lemak.

Pola hidupnya yang kurang sehat seperti merokok mungkin menjadi salah satu penyebab Schwarzenegger sempat mengalami perubahan drastis yang juga berdampak pada jantungnya.

"Saya mulai merokok semenjak menjadi binaragawan. Tetapi yang sungguhannya dimulai dari tahun '77. Saya merokok satu atau dua batang setiap hari, biasanya setelah makan siang," katanya dikutip dari cigaraficianado.


Transformasi Arnold Schwarzenegger, 'Terminator' yang Kini Susah OlahragaFoto: Getty Images


Saat ini, Schwarzenegger memasuki usia yang ke 71. Sempat dirawat karena masalah jantung membuatnya menjadi lemah secara fisik. Oleh karenanya, ada beberapa olahraga yang tidak bisa lagi dia lakukan.

"Squat dan semua olahraga yang membutuhkan kekuatan kaki tak bisa saya lakukan lagi. Kaki saya sudah lemah dan saya harus menjaganya karena saya mau ber-ski," ujarnya dikutip dari People.

Menyadari hal itu, Schwarzenegger kemudian mencoba olahraga baru. Setelah sebelumnya lebih menyukai angkat beban, saat ini
dia lebih tertarik bersepeda.



"Ketika saya bepergian, saya berkeliling dengan sepeda. Ketika saya pergi berbelanja atau membeli sesuatu, saya pergi naik sepeda. karena dengan begitu Anda dapat berolahraga di kaki dan Anda melihat kota dengan cara yang sama sekali berbeda," katanya.

Meski telah berumur, kecintaannya terhadap olahraga tidak pernah padam. Selain itu, Schwarzenegger juga masih menjaga pola makannya yang sehat untuk tetap menjaga tubuhnya tetap atletis. (Khadijah Nur Azizah/up)