Rabu, 05 Des 2018 16:48 WIB

Curhat Ibu Muda Dampingi Anak yang Tidak Bisa Diam Saat Disuntik

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Orang tua juga kadang takut ketika anak mereka mau disuntik. (Foto: Erliana Riady/detikcom) Orang tua juga kadang takut ketika anak mereka mau disuntik. (Foto: Erliana Riady/detikcom)
Jakarta - Ketakutan-ketakutan yang muncul ketika orang tua mendampingi anak yang tidak bisa diam saat disuntik banyak sekali nih beredar di masyarakat. Yah, tapi mau gimana lagi. Namanya anak, seringkali ketakutan begitu melihat ujung jarum yang runcing. Enggak cuma anak sih, kadang orang dewasa juga suka takut kok kalau mau disuntik, hehe.

Nah, kepada detikHealth, para ibu muda curhat nih tentang ketakutan-ketakutan mereka ketika melihat anaknya tidak bisa diam saat dokter atau perawat mulai menyuntikkan jarum ke lengan si buah hati. Paling umum, takut salah suntik.

"Dulu sih yang ditakutin kalau dia enggak bisa diem ya salah encus (suntik) atau jadi luka, takut dia trauma juga," ungkap Ajeng (28), kepada detikHealth.



Lain lagi menurut Afinii (29), yang justru ketakutannya agak lebih ekstrem. Yap, betul banget, takut jarumnya patah di dalam. Hih!

"Yang ditakutin kalau pas disuntik anaknya berontak, takut jarumnya patah di dalam. Kadang khawatir pas mau disuntik berontak, tapi selagi kitanya tenang dan enggak panik, Insya Allah anaknya bisa diatur," jawabnya.



Tapi, berbeda untuk Mariam (28) yang tidak merasa takut tuh ketika melihat anaknya disuntik. Sebab, ia sudah menaruh percaya kepada tenaga medis yang melakukannya. Enggak mungkin dong asal suntik dan membahayakan pasien.

"Enggak, aku percaya saja sama tenaga kesehatannnya. Karena ku bantu pegangin juga. Biasanya kalau aku takut dan khawatir, suka transfer perasaannya ke Zahra (putrinya). Karena itu butuh jam terbang untuk tidak khawatir lagi sama anakku, hihi," akunya.

(wdw/wdw)
News Feed