Rabu, 05 Des 2018 17:57 WIB

Kenapa Banjir Bisa Membuat Orang Rentan ISPA? Ini Kata Dokter

Firdaus Anwar - detikHealth
Banjir membuat orang rentan terkena ISPA. Foto: Ilustrasi Jalan tertutup akibat banjir (Andhika-detikcom) Banjir membuat orang rentan terkena ISPA. Foto: Ilustrasi Jalan tertutup akibat banjir (Andhika-detikcom)
Jakarta - Masuk musim hujan risiko terjadi banjir akan meningkat dan bersamaan dengan itu termasuk juga ancaman penyakit. Gangguan pencernaan atau penyakit kulit sering jadi perhatian saat banjir, tapi selain itu tahukah kamu kalau ada juga penyakit "langganan" lain yang sering terlupa yaitu infeksi saluran pernapas akut (ISPA).

Mengapa banjir bisa menyebabkan masalah pernapasan? dr Frans Abednego Barus, SpP, dari OMNI Hospitals Pulomas menjelaskan bahwa ISPA terjadi bukan karena dampak langsung terpapar banjir atau hujan. ISPA terjadi karena berbagai faktor yang menyebabkan sistem imun menurun membuat seseorang rentan terkena infeksi.



Di dalam saluran napas kita menurut dr Frans sebetulnya sudah ada bermacam bakteri yang hidup normal namun tidak menimbulkan penyakit karena dijaga sistem imun. Nah saat musim hujan atau banjir sistem imun seseorang menurun bisa karena kelelahan, cuaca yang dingin, gizi buruk di pengungsian, hingga stres.

"Dengan intensitas banjir dia kelelahan, imunitas berkurang. Dingin juga menurunkan daya tahan tubuh. Jadi bukan karena banjirnya beda dengan penyakit kulit yang dia kena karena airnya kotor tercampur kotoran atau olilah," kata dr Frans saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (5/12/2018).

Pada anak-anak dan lansia ISPA saat banjir ini bisa menjadi masalah serius karena rentan berkembang menjadi pneumonia fatal. Pneumonia terjadi ketika infeksi dari saluran napas sudah turun hingga mencapai paru-paru membuat kantong udara bengkak.

dr Frans mengaku dari pengalamannya pneumonia di pengungsian saat banjir memiliki angka mortalitas yang tinggi bisa mencapai sekitar 30 persen.

(fds/wdw)
News Feed