Kamis, 06 Des 2018 13:09 WIB

Wahana Bermain Disneyland California Diklaim Sebabkan Wabah Legionnaire

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Foto: (Disneyland Orlando) Foto: (Disneyland Orlando)
Jakarta - Sebuah lembaga kesehatan di California secara resmi mengumumkan menara pendingin yang bertujuan agar pengunjung merasa lebih nyaman dianggap berperan sebagai penyebab munculnya wabah legionella atau penyakit yang menyerang sistem pernapasan.

Dr Matthew Zahn dari Orange County Health Care Agency mengatakan pihak kesehatan akan menuntut denda sebesar 33.000 dolar atau sekitar 487 juta rupiah sebagai biaya ganti rugi. Zahn mengatakan telah melakukan beberapa tes dan menemukan bakteri Leigonella yang tinggi di dua menara pendingin Disneyland.

"Tetesan air yang terkontaminasi kemungkinan menyebar ke orang-orang di taman dan sekitarnya," ujarnya dikutip dari DailyMail.



Tiga orang karyawan Disneyland telah terkontaminasi penyakit ini. Dua diantaranya harus mendapat perawatan ekstra di rumah sakit. Kasus ini adalah bagian dari wabah yang menyerang hampir 12 orang dan menewaskan satu orang.

Dalam upaya mengendalikan wabah tersebut, pejabat kesehatan California menetapkan denda besar setelah diketahui bahwa pendingin yang digunakan Disneyland tidak dirawat dengan baik.

Penyakit legionaire disebabkan oleh bakteri yang tersebar melalui tetesan air dan partikel udara. Sebagian besar infeksi terjadi pada orang yang terpapar pendingin udara yang kotor atau tidak terawat.

Jika tidak mendapatkan penanganan lanjutan, legionnaire akan berubah menjadi pneumonia yang menyebabkan kematian secara cepat.

(kna/wdw)
News Feed