Senin, 10 Des 2018 12:30 WIB

Kentang Goreng 'Dimusuhi', Direbus Jadi Lebih Sehat atau Sama Saja?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kentang yang diolah dengan cara yang tepat memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh. (Foto: iStock) Kentang yang diolah dengan cara yang tepat memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh. (Foto: iStock)
Jakarta - Ahli nutrisi dari Harvard University menyarankan untuk mengonsumsi kentang goreng hanya enam potong per porsi. Sebab, konsumsi kentang goreng dalam jumlah yang banyak akan meningkatkan risiko penyakit karena mengandung jumlah lemak dan kolesterol sangat tinggi.

Lalu, bagaimana jika direbus? Kentang dianggap sebagai asupan yang mudah diolah. Kebanyakan orang merebus lalu menumbuknya dengan mentega yang biasa disebut dengan mashed potato, biasanya disajikan dengan krim sup atau steak.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health, mengolah kentang dengan cara tersebut, walau direbus terlebih dahulu, juga bisa meningkatkan risiko kenaikan berat badan, diabetes dan penyakit jantung.

Kentang tentu sangat baik bagi tubuh, jika diolah dengan cara yang benar tanpa tambahan mentega, keju, krim, atau susu.

Kentang yang direbus dengan cara biasa mengandung kalori yang sangat rendah. Juga sumber vitamin C, vitamin B6, magnesium, fosfor, niacin dan asam pantotenat.

"Cara terbaik untuk mengonsumsi kentang adalah dalam bentuknya yang utuh ketika direbus dan belum diolah," kata Victoria Jarzabkowski Lindsay, nutrisionis dari Fitness Institute of Texas University, dikutip dari LiveScience, Senin (10/12/2018).



Cara lain untuk mengolah kentang yang lebih sehat adalah dengan mengukus daripada merebusnya. Kentang yang dikukus kehilangan nutrisi yang lebih sedikit daripada ketika direbus.

"Delapan puluh persen kandungan vitamin C dalam sayuran akan menurun ketika direbus. Hal yang sama berlaku pada kentang jika dikupas dan dibiarkan terendam," tambahnya.

Jarzabkowski menambahkan, bagaimana pun cara mengolah kentang ada baiknya untuk mengonsumsinya bersama kulitnya. Kulit kentang mengandung lebih banyak nutrisi daripada dagingnya.

"Kulit kentang kaya akan potasium yang lebih banyak daripada pisang. Kulitnya juga mengandung lebih banyak serat daripada isinya," pungkasnya.




Tonton juga video 'Buat yang Lagi Diet, Jangan Takut Makan Kentang!':

[Gambas:Video 20detik]

(kna/up)
News Feed