Senin, 10 Des 2018 13:00 WIB

Merendam Kaki di Air Dingin Bisa Usir Masuk Angin, Masa Sih?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Jessica Ennis Hill, seorang atlet dari Inggris Raya sedang berendam air es untuk recovery. Foto: Photo by Ian Walton/Getty Images
Jakarta - Seorang dokter asal Rusia Sergei Bubnovskiy mengklaim telah menemukan cara baru untuk mengatasi masuk angin. Menurutnya, cara ini meningkatkan kerja sistem imun sehingga bisa mengusir masuk angin dan flu dengan cepat.

Dikutip dari situs World Around Us (WAU), metode baru ini diterapkan dengan merendam kaki di dalam air dingin selama 10-15 detik sebelum tidur. Sayangnya Bubnovskiy tidak menyebut suhu air yang tepat untuk merendam air. Dia juga tak menyebut bagian kaki yang sebaiknya terendam dalam air.


Bubnovskiy menyarankan perendaman berulang bagi yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Durasi perendaman bisa 4 jam sekali atau sesuai kebutuhan dan kondisi yang hendak mencoba metode perendaman kaki dalam air dingin.

Hingga saat ini belum ada riset yang membuktikan efektivitas metode perendaman kaki untuk mengatasi flu dan masuk angin. Namun sejumlah studi memang menegaskan efektivitas air dingin bagi kerja tubuh. Riset yang dilakukan University of Virginia menyatakan, air dingin mampu memicu kerja hormon norepinephrine yang mirip adrenalin.

Norepinephrine merangsang pelepasan glukosa dari cadangan energi dalam tubuh, meningkatkan aliran darah ke otot rangka, dan mengurangi aliran daran ke dalam sistem pencernaan (gastrointestinal). Hormon ini juga mampu meningkatkan detak jantung dan tekanan darah dalam tubuh.




Simak juga video 'Masuk Angin atau Gejala Sakit Jantung? Ini Bedanya!':

[Gambas:Video 20detik]

(Rosmha Widiyani/up)