Selasa, 11 Des 2018 14:10 WIB

Penyebab Laringitis, Kondisi Saat Suara Mendadak Hilang Waktu Pilek

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Suara hilang saat pilek atau batik merupakan gejala laringitis. Foto: shutterstock Suara hilang saat pilek atau batik merupakan gejala laringitis. Foto: shutterstock
Jakarta - Sedang mengalami pilek dan batuk, tiba-tiba suara tidak keluar? Jangan kaget, kondisi ini disebut laringitis yang terjadi akibat munculnya bengkak di laring dan meradang, yang membuat suara menjadi parau.

Laring adalah kotak pita suara dalam tenggorokan, berlokasi di leher bagian atas, agak sedikit ke bagian belakang tenggorokan. Adanya bengkak di laring biasanya diakibatkan oleh pilek, demam, flu, bronkitis atau sesimpel penggunaan berlebihan, misalnya karena menyanyi.

Gejala laringitis umumnya ditunjukkan dengan radang tenggorokan, demam kecil, suara parau, susah berbicara, batuk kering, keinginan untuk berdeham terus-menerus, dan kelenjar bengkak di tenggorokan.


"Laringitis umumnya tidak berbahaya. Dengan pengobatan yang benar, seharusnya bisa hilang tak lebih dari 3 minggu. Tapi harus dicegah atau segera diobati," demikian tulis situs Web MD.

Walau laringitis biasanya disebabkan oleh virus, namun juga bisa jadi dampak panjang atau kronis dari merokok dan konsumsi alkohol berlebihan. Selain itu, refluks asam lambung juga bisa memicu, asam naik dari perut ke tenggorokan dan masuk ke laring bisa membuatnya iritasi dan hilangnya suara.

Alergi, cedera tenggorokan (misal dipukul), menghirup asap kimia dan penyakit sinus juga berisiko menyebabkan laringitis. Beberapa kondisi kesehatan seperti kanker juga bisa menjadi salah satu penyebab suara menghilang.

(frp/up)
News Feed