Rabu, 12 Des 2018 14:49 WIB

Hai Selebgram, BPOM Titip Saran Nih Buat Kamu yang Sering Endorse Produk

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Pesan BPOM bagi kamu yang sering endorse produk. Foto: GettyImages Pesan BPOM bagi kamu yang sering endorse produk. Foto: GettyImages
Jakarta - Selebgram sekarang sudah semakin banyak dan menjadi profesi yang mungkin diidamkan oleh banyak anak millenial. Selain lebih terkesan 'fun', menjadi selebgram juga punya benefit lainnya yakni mendapatkan tawaran untuk meng-endorse suatu produk.

Kalau kamu salah satunya atau punya teman yang jadi selebgram, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, menitipkan sarannya di sela acara Gerakan UMKM Jamu Berdaya Saing dan Herbal Indonesia Expo, Rabu (12/12/2018).

"Saran saya untuk artis atau publik figur, dia kan panutan, mereka harus menyadari apa yang dikatakan akan didengar dan dilihat oleh orang, maka berhati-hatilah. Kalau mau mengendorse selalu cek dulu apakah produknya terdaftar atau tidak, kalau enggk yakin cek BPOM, jadilah artis yang cerdas untuk bisa menyeleksi produk apa yang harus di endorse," ujar Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik BPOM, Maya Gustina Andarini.


Jangan lupa untuk memastikan produk yang di-endorse memang sudah mendapatkan nomor izin edar dan asli. Sama halnya untuk konsumen, jangan langsung menelan semua iklan yang disajikan idolamu, kamu juga harus jadi konsumen yang cerdas. Terutama untuk produk kosmetik, suplemen kesehatan, pangan, obat-obatan dan juga obat tradisional.

"Untuk konsumen, jangan mudah langsung menerima untuk endorsement itu, dia juga harus cerdas. Misal si artis ini idolanya, waduh cantik kulitnya putih mulus eh dia meng-endorse sesuatu ya cek BPOM lagi, kalau susah cek 1500533," tandasnya.

(ask/up)