Kamis, 13 Des 2018 14:22 WIB

Punya Riwayat Asma, Bisakah Jadi Penyebab Kematian Mendadak?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Bisakah asma menyebabkan kematian? Foto: Adhar Muttaqin Bisakah asma menyebabkan kematian? Foto: Adhar Muttaqin
Jakarta - Kabar duka dari keluarga Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak. Adik kandungnya, Eril Arioristanto Dardak, meninggal dunia dan diketahui memiliki riwayat asma.

Hal ini pun memancing tanda tanya dari warganet, apakah benar asma bisa menimbulkan kematian? Untuk jawaban pastinya, detikHealth menanyakan hal tersebut kepada dr Frans Abednego Barus, SpP, dari OMNI Hospitals Pulomas.

"Bisa saja (menimbulkan kematian). Bila terjadi serangan berat dan terjadi gagal napas dan terlambat mendapat penanganan medis ya bisa," katanya saat dihubungi melalui pesan singkat, Kamis (13/12/2018).


Namun, hal ini terbilang jarang karena sifat serangan dari asma sendiri gradual (bertahap). Kematian murni karena asma sendiri lebih dikarenakan pasien tidak menyadari tanda-tanda yang sudah muncul.

"Serangan asma tidak serta merta berat gradual membesarnya, cuma penyandang asma kadang sepele. Tandanya seperti napas berat, berbunyi menit, batuk berdahak yang sering, dan juga nyeri dada," ujarnya.

Sebelumnya, asisten Eril, Iwan, menuturkan kepada detikcom mengenai kematian Eril yang disebabkan oleh sakit. Akan tetapi, keterangan lebih jelas mengenai penyebab pastinya belum diketahui.

"Penyebabnya sakit, karena dia punya riwayat asma, tapi untuk keterangan jelasnya kami masih belum tahu karena belum bisa komunikasi langsung dengan keluarga," ungkap Iwan, seperti dikutip dari detikNews.

(ask/up)