Kamis, 13 Des 2018 18:20 WIB

Kemungkinan Meninggal di Usia Muda, Sakit Jantung hingga Serangan Asma

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Kabar duka dari keluarga Bupati Emil. Adiknya, Eril Dardak, meninggal dunia hari ini. Foto: Thinkstock Kabar duka dari keluarga Bupati Emil. Adiknya, Eril Dardak, meninggal dunia hari ini. Foto: Thinkstock
Jakarta - Adik dari Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak, Eril Arioristanto Dardak, meninggal dunia dan diketahui memiliki riwayat asma. Hal ini meninggalkan duka sebab Eril dikenal sebagai sosok yang pintar semasa hidupnya dan caleg DPR RI termuda.

Bicara mengenai asma, dr Frans Abednego Barus, SpP, dari OMNI Hospitals Pulomas memberikan penjelasannya. Asma dijabarkan sebagai penyakit yang terkait dengan genetik dan penyebabnya tidak diketahui. Ini dapat diturunkan dari ortu kepada anak-anaknya walau ada sebagian yg tidak ada faktor keturunan.

Namun apakah asma bisa menyebabkan kematian di usia muda? Belum tentu, sebab asma merupakan penyakit yang datangnya bertahap. Kematian murni karena asma sendiri lebih dikarenakan pasien tidak menyadari tanda-tanda yang sudah muncul.

"Serangan jantung juga bisa," kata dr Frans mengenai penyebab lain kematian di usia muda.

Sebelumnya Emil Dardak menuturkan kepada awak media usai pemakaman sang adik bahwa ia sempat melihat tanda biru di bagian dada ke atas jenazah Eril.

"Saya pun memandikan sendiri dan saya melihat sendiri, pihak ustaz juga yang ikut memandikan mengatakan, 'Wah, ini jantung, yang biru hanya bagian dada ke atas,'" kata Wagub Jatim terpilih ini.


Di samping itu, sebelumnya sempat muncul spekulasi juga soal temuan tabung gas bertulis 'He' di kamar kos Eril, meski belum dipastikan berisi gas helium. Dugaan adanya aktivitas eksperimental tengah diselidiki karena polisi juga menemukan gas freon dan video tentang regulator oksigen di komputer Eril.

Helium dijelaskan oleh dr Frans bisa memprovokasi penyempitan saluran nafas. Helium bisa juga menimbulkan stroke karena sumbatan.

"Helium menyebabkan king damage, dapat menimbulkan gelembung udara dalam darah yang bila gelembung sampai ke otak maka dapat menjadi stroke sumbatan," ungkapnya.

(ask/up)
News Feed