Jumat, 14 Des 2018 09:21 WIB

Sensasi Kopi dengan Nitrogen, Bahaya Buat Kesehatan Nggak Ya?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi kopi. Foto: shutterstock Ilustrasi kopi. Foto: shutterstock
Jakarta - Sebuah merk waralaba kopi bersiap meluncurkan produk baru yang disebut nitro. Produk ini adalah kopi yang diberi nitrogen sehingga punya sensasi mirip bir.

Dikutip dari CNN, produk ini adalah alternatif makin tingginya kesadaran pelanggan terhadap pola hidup sehat. Akibatnya produk dengan tambahan gula, es, dan krim kocok mengalami penurunan penjualan. Sebaliknya produk jus buah dan kopi minim gula serta krim kocok mengalami peningkatan.

Nitro yang disarankan tersaji dingin daripada panas, mengundang perhatian dari pelaku hidup sehat. Direktur ilmu kimia dan farmasi dari American Council on Science and Health Josh Bloom mengatakan, kandungan nitrogen dalam kopi tidak membahayakan kesehatan.


"Nitrogen tidak bereaksi dengan air sehingga tidak mengubah rasa kopi. Selain itu, nitrogen dalam air beda dengan yang bercampur dengan udara bebas. Rasa lemas akibat terlalu banyak menghirup nitrogen, tidak terjadi saat makan atau minum zat yang sama," kata Bloom.

Senada dengan Bloom, situs Healthline juga menganggap kopi bernitrogen minim risiko bagi kesehatan. Namun kopi ini mengandung 30 persen kafein lebih banyak dari konsumsi sekitar 30 mililiter dibandung bentuk reguler. Artinya, kopi bernitrogen memiliki risiko lebih besar menyebabkan pusing, peningkatan tekanan darah, detak jantung tidak teratur, dan cemas.




Tonton juga video saat 'Festival Ngopi Sepuluh Ewu, Perpaduan Tradisi dan Ekonomi Kreatif':

[Gambas:Video 20detik]

(Rosmha Widiyani/up)
News Feed