Minggu, 16 Des 2018 08:00 WIB

Hore! Idol K-Pop Solji EXID Sembuh dari Hipertiroid

Roshma WIdiyani - detikHealth
Hore! Solji EXID sudah sembuh dari hipertiroid. Foto: Yedang Entertainment/Banana Culture/August Frog Hore! Solji EXID sudah sembuh dari hipertiroid. Foto: Yedang Entertainment/Banana Culture/August Frog
Jakarta - Bintang K-Pop Solji EXID akhirnya sembuh dari hipertiroid yang menderanya sejak 2016. Solji mengungkapkan kegembirannya melalui akun Instagram bertanggal Sabtu (15/12/2018).

"Dokter mengatakan saya telah sembuh sepenuhnya di hari terakhir pengobatan hipertirod. Saya sangat gembira dan berterima kasih atas kesembuhan ini. Buat semua yang masih menjalani pengobatan hipertiroid jangan menyerah. Kita pasti sembuh jika rajin terapi dan kontrol. Kepada tim dokter, saya akan berusaha menjaga kesehatan ini dengan pola hidup dan teknik bernyanyi yang baik," kata main singer girlgroup EXID ini dikutip dari Soompi.

Solji terpaksa istirahat dua tahun sejak menjalani pengobatan untuk hipertiroid. Selama Solji hiatus, EXID menjalankan aktivitasnya hanya dengan empat anggota. EXID mulai kembali menjadi girlgroup dengan anggota 5 orang, seiring mulai berakhirnya pengobatan Solji pada November 2018.


Dikutip dari Mayo Clinic, hipertiroid adalah kondisi saat kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroksin terlalu banyak. Hal ini meningkatkan kerja metabolisme hingga tubuh mengalami penurunan berat badan tanpa disengaja atau detak jantung yang tidak teratur. Tiroid adalah kelenjar berbentuk seperti kupu-kupu yang berada tepat di dasar leher. Hormon yang dihasilkan tiroid mempengaruhi tiap aspek dalam metabolisme tubuh.

Hipertiroid biasanya lebih banyak terjadi pada wanita dibandung pria. Faktor risiko lainnya adalah genetik dalam keluarga serta primary adrenal insufficiency, yaitu kondisi tubuh yang tidak memproduksi cukup hormon kortiso. Dokter biasanya melakukan beberapa tes terlebih dulu untuk memastikan kecukupan hormon tiroksin dalam tubuh. Hipertiroid biasanya diatasi dengan pengobatan radioactive iodine atau operasi untuk mengatasi gangguan pada kelenjar tiroid.



Hore! Idol K-Pop Solji EXID Sembuh dari Hipertiroid
(Roshma WIdiyani/up)
News Feed