Minggu, 16 Des 2018 09:05 WIB

Studi: Parasut Tidak Mampu Menyelamatkan saat Kecelakaan Pesawat Terbang

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Studi sebut parasut tidak membantu saat kecelakaan pesawat. Foto: Thinkstock Studi sebut parasut tidak membantu saat kecelakaan pesawat. Foto: Thinkstock
Jakarta - Beberapa orang mungkin berpikir lebih aman untuk melompat keluar dari pesawat terbang dengan parasut. Banyak film aksi seperti Mission Imposible dengan scene menyelamatkan diri dari pesawat jatuh dengan parasut. Padahal, menurut ahli, parasut tidak mampu menyelamatkan seseorang ketika jatuh dari pesawat.

Riset yang dilakukan oleh BMJ menguji keefektivitasan parasut pada 23 orang yang jatuh dari pesawat. Mereka melengkapi separuh peserta dengan parasut dan sebagian yang lain dengan ransel kosong yang diikat ke punggung mereka. Hasilnya, parasut tidak membuat perbedaan antara mereka yang memakainya dengan yang tidak.

"Penelitian kami tidak menemukan perbedaan yang signifikan secara statistik pada kematian, antara mereka yang diberikan parasut dengan yang tidak," tulis peneliti dikutip dari Live Science.


Tentu saja, penelitian ini tidak menguji secara langsung terkait melompat dari pesawat dengan ketinggian puluhan ribu kaki dan bergerak ratusan kilometer per jam. Mereka hanya menguji parasut pada beberapa ketinggian saja misal ketika pesawat diparkirkan.

Poin utama dari penelitian ini adalah mengungkapkan pandangan ilmiah mengenai cara masyarakat menginterpretasikan sesuatu. Peneliti juga menjabarkan bahwa penggunaan parasut tidak mengurangi kematian atau cedera traumatik besar.

"Uji coba parasut menyoroti beberapa keterbatasan terkontrol yang dilakukan secara acak. Namun kami percaya uji coba ini bisa menjadi standar untuk perawatan baru," tambahnya.

Studi ini juga menunjukkan bahwa uji klinis seperti parasut yang digunakan untuk menyelamatkan orang yang jatuh dari pesawat juga harus memperhatikan serangkaian pertimbangan khususnya untuk mereka yang paling membutuhkan.



Saksikan juga video ' Wow! Pria Ini Terjun dari Ketinggian 25 Ribu Kaki Tanpa Parasut ':

[Gambas:Video 20detik]


Studi: Parasut Tidak Mampu Menyelamatkan saat Kecelakaan Pesawat Terbang


(kna/up)
News Feed