Minggu, 16 Des 2018 13:00 WIB

Kata Psikolog Soal Batal Nikah Seperti Denny Sumargo dan Dita Soedarjo

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Dita Soedarjo dan Denny Sumargo memutuskan batal menikah. Foto: Pool Dita Soedarjo dan Denny Sumargo memutuskan batal menikah. Foto: Pool
Jakarta - Denny Sumargo dan Dita Soedarjo mengakhiri kisah cinta mereka, pernikahan yang direncanakan dengan manis pun mendadak batal. Meski begitu, keduanya masih bisa saling berbalas komentar manis di Instagram dan memutuskan untuk saling mendoakan yang terbaik walaupun Dita mengaku sulit melupakan Denny.

"Saya enggak suka pacaran dan sempat mikir saya enggak mau married. Ngapain juga saya married karena kan saya bisa kerja sendiri, apa segala macem. Tapi sama Denny beneran jatuh cinta. I called him my first love tapi bukan my last love," kata Dita seperti dikutip dari detikHOT.

Melihat perpisahan yang terjadi secara baik-baik yang dilakukan Denny dan Dita nampaknya bisa jarang terjadi. Kepada detikHealth, Veronica Adesla, psikolog klinis dari personal Growth, menuturkan bahwa perpisahan, tentu saja tidak ada satupun terasa mudah. Apalagi dalam konteks ini sudah sampai membicarakan untuk ke jenjang yang lebih serius.


"Pasti ada perasaan sedih, kecewa, terluka, cemas, takut, malu, berat atau susah hati yang dialami, sekalipun mungkin hal itu adalah yang terbaik atau yang memang seharusnya terjadi," kata Veronica.

Dari cara menyikapi perpisahan, dari sana kematangan dan kedewasaan emosionalnya terlihat. Berkaca dari kasus Denny dan Dita, bisa dilihat adanya pribadi yang matang di antara keduanya.

"Sikap seseorang dalam menghadapi perpisahan menunjukkan kematangan dan kedewasaan emosionalnya. Perpisahan yang berlangsung secara baik-baik, bahkan kedua belah pihak juga masih saling berkomunikasi dan saling memberikan support atau dukungan, menunjukkan keduanya memiliki pribadi matang dan dewasa. Selain itu, hal ini juga menunjukkan bahwa perpisahan terjadi atas kesepakatan dan kompromi bersama," tambah Veronica.


Hanya bisa mendoakan yang terbaik untuk Denny dan Dita. (ask/up)
News Feed