ADVERTISEMENT

Senin, 17 Des 2018 09:02 WIB

Seseorang Minta Foto Kaki, Indikasi Foot Fetish?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Foot fetish merupakan salah satu bentuk fetish yang paling banyak ditemukan (Foto: iStock)
Jakarta - Baru-baru ini, seorang remaja dengan banyak followers di media sosial membagikan pengalaman tidak menyenangkan. Seseorang yang tidak dikenalnya memintanya mengirim foto kaki tampak muka. Menyeramkan!

Rupanya banyak tanggapan yang masuk. Sejumlah followers mengaku pernah mengalami hal yang sama, yakni diminta oleh seseorang yang tak dikenal untuk mengirim foto kaki dengan dalih untuk bahan penelitian ilmiah.

Berbagai spekulasi muncul terkait permintaan misterius tersebut. Ada yang mengaitkannya dengan praktik ilmu hitam, ada pula yang curiga sidik jari kakinya akan dipindai untuk tindak kejahatan.

Dugaan lain yang tidak kalah meresahkan adalah kecenderungan foot fetish, yakni kecenderungan untuk terangsang pada objek nonseksual, dalam hal ini kaki. Dikutip dari Askmen, foot fetish atau dikenal juga dengan istilah podophilia mencakup ketertarikan seksual terhadap benda-benda terkait kaki. Mulai dari kaki itu sendiri, hingga sepatu atau stocking dengan motif atau bahan tertentu.


Bagi sebagian orang, kaki bisa menjadi objek yang sangat seksual.Bagi sebagian orang, kaki bisa menjadi objek yang sangat seksual. Foto: istock


Diperkirakan fetish semacam ini cukup umum ditemukan. Dikutip dari Mensjournal.com, sebuah studi di Nature memperkirakan bentuk fetish paling banyak ditemukan adalah fetish terhadap bagian tubuh nonseksual yakni sebanyak 33 persen, dengan kaki sebagai bagian tubuh yang paling banyak dijadikan objek fetish.

Kecenderungan semacam ini bahkan bahkan dimanfaatkan untuk meraup keuntungan. Seorang perempuan di Inggris, Roxy Sykes, mendapatkan uang miliaran rupiah dari hasil memamerkan kaki jenjangnya yang dianggap seksi. Dikutip dari The Suns, ia juga menjual sepatu dan kaus kakinya di internet, dan sebagian besar peminatnya memiliki kecenderungan foot fetish.



Kembali soal permintaan foto kaki di media sosial, tujuan sesungguhnya memang tidak diketahui. Untuk memastikan hal itu sebagai kecenderungan foot fetish juga tidak bisa serta merta dilakukan tanpa pemeriksaan.

"Bisa jadi (foot fetish), tapi kan harus evaluasi konsultasi dulu baru bilang dia kena foot fetish," kata dr Heru Oentoeng, SpAnd, pakar seksologi dari RS Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, saat dihubungi detikHealth, Senin (17/12/2018).

Apapun tujuannya, yang pasti permintaan misterius untuk mengirim foto kaki tersebut sudah membuat resah para remaja. Apalagi jika sampai memohon-mohon atau bahkan memaksa, maka ada baiknya selalu waspada.

"Kayaknya 'sakit' tuh," kata dr Heru saat dimintai pendapat soal permintaan misterius semacam itu.

Pernah mengalami hal serupa? Tulis di kolom komentar ya.



(up/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT