Senin, 17 Des 2018 13:01 WIB

Selamat, Tasya Kamila Hamil 4 Bulan! Netizen Ribut Bahas HPHT

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Selamat, Tasya Kamila hamil 4 bulan! Foto: Rifkianto Nugroho/detikINET Selamat, Tasya Kamila hamil 4 bulan! Foto: Rifkianto Nugroho/detikINET
Jakarta -

Penyanyi Tasya Kamila dan Randi Bachtiar menggelar pengajian empat bulan kehamilan Tasya, Minggu silam. Hal itu diketahui lewat Instagram Story Tasya Kamila juga akun gosip di Instagram. Banyak yang ikut bahagia mendengar kabar kehamilan Tasya dan mengucapkan selamat.

"Ughhh Syelamat yess mbak. Semoga baby dlm kandungan sehat sllu," tulis akun gosip tersebut.

Tapi ternyata, di sela komentar, banyak netizen yang kaget karena Tasya dirasa hamil terlalu cepat. Diketahui Tasya menikah pada Agustus dan hamil di bulan September. Sebenarnya tidak ada yang salah dari hal ini, tapi entah mengapa netizen jadi berbondong-bondong membahas Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) yang digunakan untuk menghitung usia kandungan.

"Dokter menghitung usia kehamilan dari Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). Meskipun Anda menikah tanggal 14 ttp dihitung hamilnya dari tgl 26 sebelum menikah. Dan orang-orang yang enggak tahu pasti dibilang hamil duluan," kata salah satu netizen menengahi perdebatan.

"Sama kayak saya, nikah Juni, Juli udah hamil.. Emang udah rejekinya dari Allah dikasih cepet punya momongan, Alhamdulillah.." sahut yang lainnya.


Beberapa waktu lalu, dr Hari Nugroho, SpOG, menjelaskan kepada detikHealth bahwa usia hamil dihitung dari hari pertama haid terakhir, yakni dihitung dari perkembangan sel telur wanita yang terbuahi oleh sperma, bukan saat dibuahi.

Dijelaskan dr Hari, usia kehamilan dihitung dari usia telur tersebut tumbuh. Pada saat 14 hari setelah telur tersebut tumbuh (pada wanita siklus mens 28 hari), telur dilepaskan dan ditangkap oleh fimbriae dari saluran tuba.

"Kemudian sel telur dibawa ke rahim. Nah, perjalanan ke rahim bila bertemu dengan sperma dan terjadi pembuahan ya terjadilah kehamilan," imbuh dr Hari.

"Jadi usia kehamilan dihitung 40 minggu itu dari usia telur, bukan usia pembuahan. Apabila pembuahan tidak terjadi, keluarlah menstruasi. Pada wanita dengan siklus haid tidak teratur, bisa dengan USG. Kalau hasil pemeriksaan USG-nya kurang dari usia 20 minggu, akurat plus minus 3 hari," tegasnya.


Wah, selamat ya Tasya Kamila dan Randi Bachtiar!



Tonton juga video 'Tasya Kamila Gelar Pengajian 4 Bulanan':

[Gambas:Video 20detik]

(ask/fds)
News Feed