Selasa, 18 Des 2018 12:25 WIB

Ustaz Arifin Ilham Idap Kanker Kelenjar Getah Bening, Penyakit Apa Itu?

Firdaus Anwar - detikHealth
Ustaz Arifin Ilham mengaku idap kanker kelenjar getah bening stadium 4A. (Foto: Eko Sudjarwo)
Jakarta - Dikutip dari detikHot, Ustaz Arifin Ilham baru-baru ini mengaku bahwa dirinya sempat didiagnosis dengan kanker kelenjar getah bening stadium 4A. Setelah berjuang menjalani pengobatan kemoterapi selama dua bulan Ustaz Arifin Ilham dilaporkan sudah bersih dari sel kanker.

Sebetulnya apa itu kanker kelenjar getah bening?

Penyakit kanker kelenjar getah bening atau kanker limfoma adalah jenis yang berawal dari sel-sel limfosit (sel darah putih). Pada kanker, limfosit berproliferasi lebih cepat dan hidup lebih lama dibandingkan limfosit normal.



Gejala paling umum dari penyakit ini adalah pembengkakan pada kelenjar getah bening. Bagian-bagian tubuh yang kerap dilaporkan muncul benjolan atau pembengkakan akibat kanker kelenjar getah bening antara lain leher, ketiak, dan pangkal paha.

Dr dr Andhika Rachman, SpPD-KHOM, dari RS Cipto Mangunkusumo menjelaskan benjolan yang jadi tanda kanker punya ciri tidak sakit dan semakin besar.

"Kalau karena limfoma, benjolan justru makin besar. Juga perhatikan gejala khas limfoma lainnya, seperti demam lama dengan suhu tak sampai 38 derajat Celsius," kata dr Andhika beberapa waktu lalu.

Bila terdeteksi dini data dari American Cancer Society (ACS) melihat angka ketahanan hidup lima tahun pasien kanker limfoma (hodgkin dan non-hodgkin) berkisar antara 70-90 persen. Pada kasus kanker yang sudah stadium lanjut angkanya berkurang menjadi sekitar 60 persen.

(fds/up)