Selasa, 18 Des 2018 14:43 WIB

Dua Tahun Menikah Belum Hamil, Sebaiknya Segera ke Dokter

Rosmha Widiyani - detikHealth
Dua tahun belum juga ada tanda-tanda kehamilan, cek segera ke dokter. Foto: thinkstock Dua tahun belum juga ada tanda-tanda kehamilan, cek segera ke dokter. Foto: thinkstock
Jakarta - Pasangan yang sudah menikah biasanya sangat menantikan momongan. Apalagi bila usia suami dan istri masih masuk masa subur, yang secara teori tidak sulit memperoleh buah hati.

Namun kenyataan kadang berkata lain hingga suami istri memutuskan menunggu. Menanggapi keputusan tersebut, dokter ahli kandungan dan kehamilan dr Beelonie, BmedSc, SpOG(K), menyarankan pasangan tidak menunggu terlalu lama.


"Jika dalam dua tahun tidak ada tanda-tanda kehamilan sebaiknya segera ke dokter. Pasangan yang sehat dan berhubungan seks 2-3 kali seminggu seharusnya bisa segera mendapat keturunan setelah menikah," kata Beelonie dalam acara Overview dan Outlook Penanganan Gangguan Kesuburan di Indonesia, Selasa (18/12/2018).

Beelonie menjelaskan, suami istri dengan kondisi reproduksi sehat biasanya sudah menunjukkan tanda-tanda memperoleh momongan di 6 bulan usai pernikahan. Secara umum, peluang kehamilan pada tahun pertama adalah 85 persen. Peluang meningkat pada tahun kedua hingga mencapai 92 persen.

Pasangan tak perlu malu atau ragu untuk berkonsultasi ke dokter kandungan secepatnya. Menurut Beelonie, suami dan istri punya peluang mengalami infertilitas yang sama. Konsultasi memastikan masalah cepat diketahui dan diselesaikan, sehingga pasangan bisa mengusahakan kehadiran buah hati.

(Rosmha Widiyani/up)
News Feed