Rabu, 19 Des 2018 13:30 WIB

Dianggap 'Meracuni' Tubuh, Blogger Ini Copot Implan Payudaranya

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi implan payudara. Foto: thinkstock Ilustrasi implan payudara. Foto: thinkstock
Jakarta - Implan payudara yang telah menunjang kepercayaan diri seorang blogger, Sia Cooper (29) dibuang karena dianggap silikon itu telah 'meracuni' dirinya.

Dikutip dari Daily Mail, blogger 'Diary of a Fit Mommy' ini sudah memasang implan payudara sejak Oktober 2011 karena merasa payudaranya terlalu kecil dan menjadikannya tidak percaya diri.

Namun, selama tujuh tahun berikutnya, Cooper harus berjuang dengan kelelahan ekstrem, ruam di wajah, nyeri dada, kabut otak, dan bahkan kerontokan rambut.

Setelah menjalani beberapa pemeriksaan, mulai dari tes darah hingga sinar-X, Cooper tidak didiagnosis penyakit apapun. Yang ia yakini adalah, implan payudaranya yang memang membuat keluhan-keluhan tersebut.

"Aku diperiksa untuk ketidakseimbangan hormon dan hipertiroidisme tetapi aku diberitahu bahwa aku baik-baik saja," ujarnya.



Akhirnya Cooper memutuskan untuk berkonsultasi dengan seorang ahli bedah kosmetik di Newport Beach, California, Dr Jae Chun yang merupakan spesialis eksplan payudara. Dan sekitar dua minggu lalu, ia pun menjalani operasi untuk mengambil implan payudaranya itu.

"Aku lupa bagaimana rasanya mengambil napas dalam-dalam karena aku tidak lagi memiliki perasaan seperti 'gajah duduk' di dadaku," imbuh Cooper.

Keputusannya pun benar untuk menanggalkan implan payudaranya itu. Menurut beberapa penelitian, implan silikon payudara ternyata dapat meningkatkan risiko arthritis pada wanita dan bahkan kanker kulit.

"Perempuan harus mempertimbangkan implan payudara jika mereka memiliki riwayat penyakit autoimun atau penyakit jaringan ikat," kata Dr Diana Zuckerman, Kepala Pusat Penelitian Kesehatan Nasional AS.

Cooper sekarang memiliki ukuran payudara 32C dan merasa tetap percaya diri karena bisa mengurangi keluhan-keluhan dan risiko terkena penyakit seperti yang disebut sebelumnya.





(wdw/up)
News Feed